April 18, 2024

BRN | Belawan – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2022 dengan tema “TNI Adalah Kita”, bertempat di Lapangan Astaka Jalan Williem Iskandar, Kelurahan Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (05/10/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Komandan Upacara Letkol Marinir Indra Fauzi Umar yang sehari-harinya menjabat sebagai Danyonmarhanlan I. Adapun pasukan upacara terdiri dari 1 SSK Pamen TNI, 1 SSK Wan TNI, 1 SSk Pom TNI, 3 SSK TNI AD, 2 SSK TNI AL, 1 SSK TNI AU, 1 SSK Polri, 1 Peleton PNS TNI, 1 Peleton Satpol PP, 1 Peleton Menwa dan 1 Peleton Nakes serta 1 Peleton Ormas.

Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Sbb Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua Para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI yang saya cintai dan saya banggakan serta hadirin yang saya hormati. Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena pada hari ini kita dapat menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-77 TNI dengan tema “TNI adalah Kita”.

Para Prajurit, PNS TNI dan hadirin yang berbahagia, berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya; Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari public sebesar 93,2%. Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %.

Oleh karenanya, saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI.

Para Prajurit, PNS TNI dan hadirin yang saya banggakan, demikian amanat yang saya sampaikan, pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan kekuatan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai dan kita banggakan. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia. Selamat bertugas, Sekian dan terima kasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selain itu kegiatan tersebut sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono yakni mengenai kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Adapun Pejabat dan undangan yang hadir yakni, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Dankosek I Marsma TNI Mohammad Nurdin, Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, S.E., S.I.P., Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja, Kadilmilti I Medan Laksma TNI Tuty Kiptiani, S.H., M.H., Ketua DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting, Walikota Medan Bobby Nasution, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Danwing Komando III Kopasgat Kolonel Pas Banu Kusworo, Para Pejabat Utama TNI AD, AL, AU dan Polri serta ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Pertiwi, Ketua dan Pengurus Persit, Ketua Korcab I DJA I beserta Pengurus, PIA Ardhya Garini wilayah Medan.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *