April 18, 2024

BRN | Mempawah – Lantamal XII,- Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) hadiri Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 yang dilaksanakan di PLBN Entikong Kalbar daerah perbatasan dengan negara Malaysia, Rabu (5/10/2022).

HUT ke-77 TNI Tahun 2022 mengambil tema “TNI Adalah Kita” berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini pelaksanaannya mengambil tempat di daerah perbatasan negara jalur darat antara Indonesia dan Malaysia tepatnya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara  Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M.,
Sementara itu pejabat Forkopimda Kalbar yang hadir antara lain Kapolda Kalbar, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalbar, Danlanud Supadio, Sekda Provinsi Kalbar mewakili Gubernur Kalbar, Danrem 121/Abw, Danrindam XII/Tpr, PJU Kodam XII/Tpr, PJU Lantamal XII, PJU Lanud Supadio, LO Kodam AL, AU dan tamu undangan lain dari Forkopimda Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau.

Pangdam XII/Tpr sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI
“Para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI yang saya cintai dan saya banggakan serta hadirin yang saya hormati. Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena pada hari ini kita dapat menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-77 TNI dengan tema “TNI Adalah Kita,” kata Pangdam XII/Tkr

“Para Prajurit, PNS TNI dan hadirin yang berbahagia, berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (LIPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %. Oleh karenanya, Saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI,” lanjut Panglima Kodam XII.

“Para Prajurit, PNS TNI dan hadirin yang saya banggakan, Demikian amanat yang saya sampaikan, pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan kekuatan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai dan kita banggakan. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” pungkas Pangdam XII/Tpr membacakan amanat Panglima TNI.

Selesai pelaksanaan upacara Pangdam XII didampingi Forkopimda melepas para Babinsa yang menggunakan sepeda motor untuk mendistribusikan bansos kepada penduduk di perbatasan kemudian dilanjut acara syukuran dan hiburan rakyat di lapangan lokasi Pasar Entikong.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *