May 20, 2024

BRN | JAKARTA – Kembali JIExpo Kemayoran Jakarta mengadakan acara pameran, bertempat di Hall B, diadakan acara event Expo Clean and Expo Laundry JIExpo 2022. Acara tersebut merupakan ajang pameran Produk, Alat-alat dan Para Pelaku Usaha Jasa Laundry Indonesia.

Acara berlangsung Rabu-Jumat (05-07 September 2022). Banyak beraneka ragam yang dipamerkan, antara lain alat mesin cuci dari kapasitas kecil, menengah dan berat, dari buatan lokal dan luar negeri, produk sabun cuci buatan pabrikan dan home industri, stand para pelaku usaha Laundry, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan dunia usaha laundry.

Salah satu acara yang digelar dalam event tersebut adalah seminar yang diadakan oleh Himpunan Pengusaha Laudry Indonesia atau HIPLI. Acara tersebut diadakan dengan mengundang beberapa pembicara yang membagikan pengalaman dan motivasi dalam menjalankan usaha Laundry. Para pembicara adalah para pengusaha Laudry yang sudah berhasil dalam mengembangkan usaha Laudry.

Salah satu narasumber yang menjadi pembicara adalah Ilham Rabany. Dalam paparan materinya, Ilham menjelaskan bagaimana strategi dalam menjalankan bisnis Laundry.

“Laundry memberikan hasil cucian yang bersih rapi dan wangi. Strategi untuk buka laundry di daerah-daerah itu sebenarnya sekarang sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat umum, baik di kota besar juga di kota-kota kecil, ” ujarnya.

“Hal penting yang harus diperhatikan selain kebersihan laundry, juga kerapian laundry, wangi serta tampilan laundry pun harus rapi. Tempat outletnya harus rapi. Mesin Laudry harus tertata rapi, ” jelasnya.

“Mesin Laundry juga harus dijaga agar tetap awet dan bekerja baik. Pelayanan harus memenuhi standar, dari proses pengerjaannya, mulai penerimaan pencucian, teknik mencuci dan sampai pakaian sudah kering setelah dicuci dan dirapikan plus harus wangi,” pungkasnya.

“Juga bisa diadakan pelatihan-pelatihan untuk pengusaha agar laundry itu bisa memberikan layanan yang terbaik dan menjalankan standar operasional dengan baik dan benar agar tidak terjadi kerusakan. Kebutuhan Laundry sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok,” ujar Muhammad Ilham Udin Rabbani, seorang pengusaha laundry di Ciputat, Tangerang ketika memberikan pengalaman kepada para peserta forum.  *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *