April 18, 2024

BRN | Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menghadiri Peluncuran dan Bincang Buku “LUHUT” Biografi Luhut Binsar Pandjaitan di The Dharmawangsa Jakarta, Jumat (07/10/2022). Pada kesempatan ini, Hadi Tjahjanto menceritakan kedekatannya dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Hadi Tjahjanto mengenal sosok Luhut Binsar Pandjaitan sejak menjadi Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI), di mana keduanya terpaut 16 tahun angkatan. “Sejak tahun 80-an saya mengenal Pak Luhut, tapi pada waktu itu Pak Luhut belum kenal saya. Pak Luhut baru mengenal saya ketika menjadi Sekretaris Militer Presiden,” ujarnya.

Ia mengaku mengenal Luhut Binsar Pandjaitan yang selalu berani dalam mengambil keputusan di lapangan. Hal ini disadarinya setelah melihat sepak terjang Luhut Binsar Pandjaitan serta saat bekerja bersama dalam berbagai kesempatan, termasuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.

“Satu yang saya lihat, Pak Luhut sejak jadi komandan khusus sampai jadi menteri, adalah satu, keputusan lapangan ini selalu dipakai. Perkiraan cepat. Dan berani dalam mengambil keputusan. Saya membantu Pak Luhut waktu melaksanakan vaksinasi Covid-19, hampir setiap hari ditelepon Pak Luhut ketika di lapangan,” tutur Hadi Tjahjanto.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para penulis buku biografinya. Dengan beberapa kali wawancara yang dilakukan, ia menggali memori dan mengenang lika-liku hidup yang telah ia jalani.

“Terima kasih kepada semua yang membantu penulisan buku ini. Umur saya 75 tahun, saya masih menjadi bagian yang mengatur negeri ini, membuat negeri ini bergerak lebih baik. Pengalaman terbaik saya di TNI. _Privilege_ yang saya dapat di negeri ini, yang paling saya nikmati waktu saya menjadi Kopassus (Komando Pasukan Khusus, red),” ungkap Luhut Binsar Pandjaitan.

Turut hadir dalam kesempatan ini, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, kerabat Menko Marves, serta penulis dan penerbit Buku “LUHUT”.  (Humas/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *