June 17, 2024

BRN | Belawan – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menghadiri kegiatan Fun Bike, Lomba layang-layang dan Festival Dangdut dalam rangka Program Kampung Bahari Nasional (KBN) Kedua Lantamal I Tahun 2022, bertempat di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (09/10/2022).

Adapun kegiatan tersebut start dimulai dari depan Kantor Kecamatan Tanjung Beringin dan finish di Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai dengan menempuh jarak kurang lebih 10 Kilo Meter. Dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengajak berolahraga bersama dengan Instansi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai umumnya dan masyarakat sekitar khususnya serta bertujuan untuk promosi daerah Wisata Pantai Merdeka yang diinisisasi oleh Lantamal I bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

Setelah mencapai finish dilanjutkan dengan Pembukaan Festival Layang-layang dan Festival Dangdut. Disela-sela kegiatan Komandan Lantamal I melaksanakan penanaman bibit kelapa hybrida secara simbolis dan peninjauan tambak udang vaname serta tambak kepiting yang merupakan klaster ekonomi dalam program KBN Lantamal I.

Dalam sambutanya, Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara (KBN), merupakan program Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam mendukung program pemerintah dengan tujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat pesisir diseluruh Indonesia. Salah satu tugas pokok Lantamal I adalah melaksanakan Pemberdayaaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui program Kampung Bahari Nusantara tersebut. Dalam program Kampung Bahari Nusantara terdapat lima klaster yakni Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Pariwisata dan Pertahanan.

“Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara,” pungkas Danlantamal I.

Di sela-sela kegiatan saat mendampingi Danlantamal I, Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya menyampaikan apresiasi yang seting-tingginya kepada Lantamal I yang telah berhasil menjadikan Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai menjadi berkembang lebih baik dan maju dari pada sebelumnya dengan adanya program KBN yang berisi lima klaster tersebut diatas.

Turut hadir mendampingi Danlantamal I dalam kegiatan tersebut diantaranya Pjs. Wadan Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr. Opsla., CIQnR., Bupati Serdang Bedagai, PJU Lantamal I, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai, Forkopimda Kabupaten Serdang Bedagai, Kadis/Kasatker Lantamal I, Camat Tanjung Beringin, Danramil Tanjung Beringin, Kapolsek Tanjung Beringin, Kepala Desa Bagan Kuala dan tokoh masyarakat setempat.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *