April 15, 2024

BRN | Bandung – Komando Latihan Glagaspur Komando Armada I menguji kemampuan serta keahlian Prajurit Lanal Bandung baik beregu maupun perorangan dalam Uji Terampil Pangkalan I dan 2 (P1-P2), di Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, yang pelaksanaannya dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada Kamis hingga Jum’at (13/10/2022).

Tim Kolat Koarmada I dipimpin oleh PgS. Wadankolat Koarmada I Letkol Mar Hendra Zarnadi, S.Sos., M.Si., M.Tr.Opsla (Katim) dengan tim terdiri dari Mayor Laut (P) Samsul Sinaga (Wakatim), Serma Sba Heriyanto (Anggota), Serka Saa Encun Sudki (Anggota), Serka Mes Muhammad Ilham (Anggota), Sertu Pom Sapta Hendra W (Anggota), Sertu Bah Kusmanto (Anggota), Serda Sba Sugiarto (Anggota), Serda Bah Daripin (Anggota) dan Serda Saa Teguh Arianto (Anggota).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menyampaikn ucapan selamat datang di Lanal Bandung kepada Komandan Puslat Pasrat Kolat Koarmada I selaku Katim beserta Anggota Tim Uji Petik Glagaspur Tingkat P1 dan P2 Kolat Koarmada I yang telah berkenan hadir di Mako Lanal Bandung.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Lanal Bandung yang telah diberi kesempatan untuk mendapatkan kunjungan dari Tim Uji Petik Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2 Kolat Koarmada I,” ucapnya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa kegiatan Uji Petik Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2 di lingkungan TNI AL merupakan rangkaian fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta tindakan prefentif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penurunan kinerja dibidang operasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam pembinaan latihan yang dilaksanakan selama kurun tertentu agar profesionalisme para prajurit dapat terpelihara dan terjaga, selain itu untuk menguji tingkat kesiap siagaan personel, material dan logistik pangkalan dalam mendukung tugas pokok yang di embannya,” ujar Danlanal Bandung.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan adanya koreksi dan masukan dari Uji Petik Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2 di Lanal Bandung nanti ada hal-hal yang kurang dan tidak sesuai dengan ketentuan. Dengan demikian kunjungan kerja Uji Petik Glagaspur Tingkat Pangkalan P1 dan P2, diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang positif, utuh dan terpadu yang produknya berupa saran dan koreksi untuk perbaikan organisasi Lanal Bandung saat ini maupun dimasa mendatang.

Pada kesempatan tersebut PgS. Wadankolat Koarmada I Letkol Mar Hendra Zarnadi, S.Sos., M.Si., M.Tr.Opsla., selaku Ketua Tim membacakan amanat Dankolat Koramada I bahwa penilaian terhadap penyelenggaraan Glagaspur Pangkalan merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan latihan. Uji terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing dalam pelaksanaan tugas, sedangkan uji terampil Galgaspur Pangkalan Tingkat-1/P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama secara teknis dan taktis sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan dan profesi akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan segera maupun dikemudian hari dan memberikan gambaran tentang tingkat kesiapan operasional satuan. Hal ini tidak lepas dari tugas pokok pangkalan TNI Angkatan Lalut yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur, satuan dan kotama pembina potensi maritime menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di laut dan tugas-tugas lainnya,” ungkapnya.

Materi yang diujikan pada P1 dan P2 adalah Uji Materi Tulis, PDD Khas TNI AL, PBB, PHH, Upacara Deputasi Pemakaman Militer, Bongkar Pasang Senjata, PEK, Menembak dan Renang Militer.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *