April 15, 2024

BRN | Mempawah – Lantamal XII,  Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si. (Han) menghadiri Sosialisasi Bidang Keuangan yang disampaikan oleh Kepala Keuangan Wilayah Lantamal XII Kolonel Laut (S) Roni Marzah Karata, S.T., MBA., CFE., bertempat di Gedung Malahayati Satrol Lantamal XII, Jalan Yos Sudarso No.1, Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalbar, Selasa (18/10/2022).

Danlantamal XII Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menyampaikan dalam sambutannya, marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hingga saat ini kita masih dapat berkumpul pada acara Sosialisasi Keuangan wilayah di Lantamal XII dalam keadaan sehat walafiat.

“Keuangan wilayah Lantamal XII sebagai badan keuangan tingkat III kewilayahan bertugas menyelenggarakan pengurusan dan pembinaan keuangan negara yang bersumber dari diva petikan, menyelenggarakan akuntansi keuangan pada tingkat wilayah Lantamal, menyelenggarakan pembinaan personil terhadap Baku Tingkat Satker di Lingkungan Lantamal, sebagai koordinator pelaksanaan rekonsiliasi internal yang dilaksanakan oleh badan perencanaan badan keuangan dan badan pengelolaan BMN atau pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara pendapatan dari diva petikan di lingkungan Lantamal,” jelas Danlantamal XII.

Danlantamal juga menjelaskan dalam rangka penyusunan laporan keuangan sebagai koordinator pelaksanaan rekonsiliasi eksternal dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaraan serta bertanggung jawab langsung kepada Danlantamal dan Kadiskual.

“Adapun tujuan kegiatan sosialisasi keuangan ini adalah untuk menyamakan persepsi mengenai peraturan-peraturan keuangan di lingkup Lantamal XII dan jajarannya, meningkatkan atau mengenal kualitas dalam pengelolaan keuangan di tiap satuan kerja dan memperoleh gambaran pelaksanaan administrasi keuangan di Lantamal XII dan jajaran serta untuk meningkatkan pemahaman satuan kerja terkait dengan perkembangan peraturan-peraturan yang ada saat ini,” kata Laksma TNI Suharto.

“Menambah pengetahuan mengenai hak-hak prajurit, prosedur peminjaman taplin dan tata cara menyusun Pertanggungjawaban Keuangan (PJK) di tiap satuan kerja,” lanjutnya.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya selaku Komandan Lantamal XII mengucapkan terima kasih kepada Kuwil dan Akun Lantamal XII yang telah menyempatkan waktunya untuk melaksanakan sosialisasi keuangan di Lantamal XI,” pungkasnya.

Sambutan ditutup dengan harapan, Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan petunjuk bimbingan dan perlindungannya kepada kita dalam mengabdi kepada TNI Angkatan Laut, TNI Bangsa dan Negara tercinta.

Dalam paparannya, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal XII Kolonel Laut (S) Roni Marzah Karata menyampaikan materi tentang penghasilan prajurit (gaji dan tunjangan), kenaikan gaji berkala, tunjangan kinerja, pengakhiran masa dinas keprajuritan, pengelolaan tabplin, cerdas mengelola keuangan dan waspada investasi atau pinjaman online.

Acara sosialisasi bidang keuangan yang disampaikan oleh Kakuwil dihadiri juga oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal XII, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XII serta Prajurit Yonmarhanlan XII dan juga Ketua Korcab XII DJA I beserta Pengurus dan Anggota Jalasenastri Korcab XII.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *