June 17, 2024

BRN | LARANTUKA – Sebanyak 1056 titik lampu dari PT Rumah Indonesia Terang bakal dipasang pada 31 Desa yang menyebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Flores Timur (Flotim). 1056 titik lampu itu dari PT. Rumah Indonesia Terang pimpinan Hj. Rizayati, SH.,MM.

Acara peluncuran Program Indonesia Terang di Kabupaten Flores Timur akan berlangsung di Desa Watotika Ile, Kecamatan Demon Pagong, pada Sabtu (22/10/2022). “Besok akan dilakukan peluncuran Program Indonesia Terang dan sebanyak 31 Desa di 6 Kecamatan di Flotim mendapat program ini,” sebut Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi kepada SelatanIndonesia.com, Jumat (21/10/2022)
Doris Rihi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dirut PT. Rumah Indonesia Terang, Ibu Hj. Rizayati yang telah menjadikan Kabupaten Flores Timur sebagai lokasi peluncuran program ini. “Terima kasih Ibu Hj. Rizayati atas kepeduliannya bagi Flores Timur. Semoga program ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa, juga memberikan rasa aman bagi masyarakat di desa-desa karena ada Penerangan Jalan Umum,” sebut Doris Rihi.
Ketua DPC Yayasan Komunitas Kritis Indonesia (YKKI) Kabupaten Flores Timur, Korvandus Kebo Gawen mengatakan, program Indonesia Terang ini berawal dari Program Yayasan Komunitas YKKI Pusat lalu didistribusikan ke seluruh wilayah dalam dampingan YKKI. “Kita merseposn itu dengan membuat telaan dan survey pada desa-desa di Flotim dan kesimpulannya bahwa desa-desa di Flotim sangat membutuhkan Penerangan Jalan Umum (PJU),” sebut Korvandus.
Itu pasalnya, pihaknya menginisiasi untuk melakukan pemetaan secara detail dan melampirkan dokumen-dokumen penting untuk diisi oleh Pemerintah Desa. “Setelah itu, oleh desa dilakukan Musyawarah Desa untuk menetapkan apakah program ini layak diterima, lalu disosdorkan ke YKKI. Kita dari YKKI melakukan survey dan pemetaan ulang dan ditetapkan 31 Desa di 6 Kecamatan,” katanya.
Dijelaskan Korvardus, 6 Kecamatan yang mendap alokasi Penerangan Jalan Umum di Flotim yaitu Kecamatan Wulanggitang 7 desa, Ile Bura 7 desa, Tite Hena 11 desa, Demon Pagong 2 desa, Witihama 2 desa dan Klubagolit 2 desa. “Total 31 Desa penerima, dan menjadi pilot project dilakukan peletakan batu pertama pada 23 Februari 2022 di 3 desa sebanyak 100 titik lampu yaitu Desa Hokeng Jaya 40 titik, Desa Boru 40 titik dan Desa Watotika Ile sebanyak 20 titik,” sebutnya.
Pemda Flotim jadi Garda Terdepan
Korvardus mengakui, peran Pemda Flotim sangat luar biasa untuk mendukung program tersebut. “Kami syukuri karena Pemda Flotim menjadi garda terdepan yang mendukung program dari YKKI dengan diterbitkannya Rekomendasi dari Bupati dan dukungan Kades dan Camat,” katanya.

Ia mengapresiai Penjabat Bupati Flotim, Doris Alexander Rihi yang sangat respons atas dengan rencana peluncuran Desa Terang. “Dengan dukungan Pemda tentu membawa kesan potisf bagi warga masyarakat teruraam keterlibatan masyarakat dalam menggunakan fasilitas secara gratis,” katanya.
Korvardus juga berharap agar owner sekaligus Direktur PT Rumah Terang Indonesia, bisa memberikan dukungan lebih lanjut bagi desa-desa di Flotim yang belum mendapatkan program ini. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *