June 21, 2024

BRN | Aceh Utara – Untuk pertajam kemampuan dan meningkatkan profesionalisme prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan Latihan Tembak Tempur Offensif menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 di Lapangan Tembak Kompi B 469 Kopasgat, Jalan Banadara Malikussaleh,
Gampong Pinto Makmur, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (26/10/2022).

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah pimpin langsung Latihan Teknik Tembak Tempur Offensif dengan jarak dekat dan jarak sedang menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dengan sasaran tembak/skip 100 meter.

Disela-sela latihan menembak, Danlanal Lhokseumawe menjelaskan bahwa latihan menembak Tembak Tempur Offensif (TTO) ini dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik prajurit Lanal Lhokseumawe dalam menggunakan senjata perorangan.

Kemampuan menembak merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap personel TNI Angkatan Laut Lhokseumawe sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, dikarenakan salah satu profesionalisme yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan operasi militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Karena kesiapan tempur prajurit sangat penting untuk dijaga, agar para prajurit muda Lanal Lhokseumawe lebih baik dan profesional dan tidak lupa akan jati dirinya sebagai Prajurit TNI, agar bisa menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI.

Materi latihan teknik Tembak Tempur Offensif dengan jarak dekat dan jarak sedang yang diberikan kepada seluruh prajurit militer Lanal Lhokseumawe. Pelaksanaan menembak dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dengan sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan amunisi sebanyak 30 butir amonisi.

Diujung latihan, para petembak dibagi menjadi 3 kelompok, untuk melaksanakan lomba menembak TTO (Tembak Tempur Offensif) dimulai jarak 100 meter, melaksanakan menembak sikap tiarap 10 butir selama 1 menit, selanjutnya penembak berlari menuju jarak tembak 75 meter untuk melaksanakan menembak sikap duduk sebanyak 10 butir selama 1 menit, diakhiri petembak berdiri kembali dan berlari sejauh 25 meter kedepan, melaksanakan menembak sikap berdiri 10 butir selama 1 menit dengan jarak 50 meter.

Sebelum pelaksanaan latihan menembak, seluruh prajurit remaja Lanal Lhokseumawe menerima arahan dari Tim Pelatih tentang pengamanan penggunaan senjata maupun pamakaian, agar para penembak tetap menjaga keamanan materiil maupun personil sesuai SOP yang berlaku di TNI AL.

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Rangkaian pelaksanakan Latihan menembak secara teknik Tembak Tempur Offensif adalah dalam rangka Latihan Dalam Dinas (LDD) TW II TA 2022 yang dihadiri Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiyono, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal Lhokseumawe/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *