June 17, 2024

BRN | Bandung – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., beserta Prajurit, PNS dan Keluarga Besar Lanal Bandung menerima Komunikasi Sosialisasi Maritim (Komsosmar) Jajaran Lantamal III secara Virtual, bertempat di Komplek Hiu Macan, Kampung Sayuran, Desa Cangkuang, Kecamatan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Selasa (01/11/2022).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka membina disiplin prajurit dan keluarga besar TNI di jajaran Lantamal III Jakarta termasuk Lanal Bandung untuk menuju TNI Angkatan Laut yang Profesional Modern dan Tangguh sesuai dengan tema yaitu “Melalui Komunikasi Sosial KBT Lanal Bandung Kita Mantapkan Pembinaan Disiplin Prajurit dan Keluarga Besar Lanal Bandung Menuju TNI Angkatan Laut Yang Profesional Modern dan Tangguh.” Materi sosialisi yang disampaikan pada Komsosmar tersebut antara lain tentang Bahaya Narkoba dari BNN, Sosialisasi Disiplin dalam berkendara dari Puspomal serta sosialisasi tentang Penguatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga dalam menghadapi Krisis Pangan Global dari Badan Pangan Nasional Berkendara.

Dalam sambutannya, Danlantamal III Jakarta menyampaikan bahwa kegiatan acara Komunikasi Sosial Maritim Jajaran Lantamal III Tahun Anggaran 2022 dan peserta vicon dari jajaran Lantamal III dari Lanal Bandung, Lanal Bangka Belitung, Lanal Lampung, Lanal Bandung dan Lanal Cirebon.

Berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 2004 yaitu tentang TNI Angkatan Laut utamanya pada pasal 9 menyatakan bahwa tugas-tugas Angkatan Laut dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan pembinaan potensi maritim yang didalamnya seperti kegiatan diarahkan untuk menyiapkan rencana yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara adapun kegiatan pembinaan potensi maritim salah satunya adalah Komunikasi Sosial Maritim yang terdiri dari konsep smart dengan keluarga besar dan Angkatan Laut dengan masyarakat dan dengan pemerintah daerah serta unsur pemerintahan yang lainnya.

Pembinaan Komunikasi Sosial Marittim merupakan salah satu kegiatan potensi untuk menyampaikan pandangan, pikiran dan Angkatan Laut dalam kehidupan bermasyarakat dan mereka menyelami permasalahan-permasalahan yang timbul di lingkungan sosial untuk menyampaikan informasi guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya pada wawasan kebangsaan, usaha bela negara demi keberhasilan penyelenggaraan percobaan. Ini mewujudkan peninggalan dengan lingkungannya dan dengan masyarakat dalam rangka menyiapkan ruang yang tangguh karena akan didukung dengan pertahanan negara.

Perkembangan saat ini menempatkan bangsa Indonesia dihadapkan pada kondisi aktual yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya Angkatan Laut yaitu lemah dan kurangnya masalah disiplin sehingga perlu dilaksanakan kegiatan di lingkungan keluarga besar dan Angkatan Laut yang sekarang kita laksanakan di lingkungan tempat tinggal, kemudian yang kedua masih maraknya kegiatan penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga kita.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni, PgS. Palaksa Lanal Bandung, PgS. Pasminlog, Danden Pom, Ka. Akun, Paur Silta (PPABP), Pengurus Jalasenastri Cabang 9 Korcab III DJA I, serta Perwakilan Warakawuri dan Purnawirawan Lanal Bandung.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *