May 30, 2024

BRN | Bintan – Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., dengan menggunakan Unsur Patroli Patkamla Combat Boat II meninjau langsung proses evakuasi kapal tanker MT. Young Yong berbendera Djibouti yang mengalami kecelakaan laut kandas di Perairan Pulau Nipa pada posisi koordinat 01°07.655 N – 103° 42.929 E, Kamis (03/11/2022).

Danlanal Bintan melaksanakan patroli rutin sekaligus melakukan peninjauan, monitor langsung aksi penanganan
Kapal Tanker MT. Young Yong mengangkut minyak 284.429 ton, pada tanggal 27 Oktober 2022, kapal tersebut mengalami kandas di Perairan Pulau Nipa lokasi berada diatas jalur pipa gas.

Tujuan peninjauan tersebut Danlanal Bintan memastikan bahwa MT. Young Yong yang kandas tersebut telah dilakukan upaya evakuasi, Danlanal Bintan juga memerintahkan turut melaksanakan pengamanan serta langkah preventif pemantauan sekitar kapal kandas tersebut.

Lebih lanjut Danlanal Bintan menjelaskan saat ini kapal tersebut telah dilakukan proses evakuasi oleh TB. Posh Falcon dan Bridge Water, sedangkan kapal yang berada dilokasi antara lain TB. Posh Perseverence, TB. Lapan 11, TB. Siem Amethyst dan KN. Rantos -P.210 dari Unsur Kapal Patroli KPLP.

TW 1103.1830 sedang dilakukan proses pemindahan muatan crude dari MV. Young Yong ke MT. Emilia. “Diharapkan dengan pengurangan beban muatan kapal sehingga mudah dilaksanakan penarikan oleh empat kapal Tunda Samudera,” pungkasnya.

Akibat kejadiaan Kapal MT. Young Yong kandas tersebut kerugian personel nihil, belum ditemukan tumpahan minyak disekitar area kandas, kerugian materiil kapal mengalami kandas dalam posisi miring ke kiri, semoga malam ini sambil menunggu upaya pengurangan beban dan air pasang diharapkan kapal bisa lepas dari kandas dikedalaman belasan meter dari permukaan air laut sehingga keamanan navigasi disekitar perairan tersebut dapat terjamin dan aman.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *