May 18, 2024

JAKARTA | Berita Rakyat Nusantara- Berakhir sudah Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau PKPA Angkatan ke VI yang diadakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI Jakarta Barat, dimulai 27 Oktober sampai dengan 06 November 2022, bertempat di Kampus IBLAM, jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

PKPA ke VI ini terselenggara atas kerjasama dengan PERADI Jakarta Barat dan IBLAM School of Law serta PJB Education Center. Peserta yang mengikuti sebanyak 85 peserta.

Dalam acara penutupan PKPA Angkatan ke IV di Kampus IBLAM ini, ditutup langsung oleh ketua umum Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M. yang dilakukan secara online (zooming).

Dalam pengarahan dari Ketua Umum Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M.,”Saya memberikan apresiasi penyelenggara PKPA dari Peradi Jakarta Barat. Sudah banyak yang lulus dan hasilnya sangat bagus sehingga mencetak advokat yang handal dari lulusan PKPA, ” pungkasnya.

“Ada standarisasi yang ditetapkan untuk menjadi seorang advokat. Para peserta yang mengikuti PKPA dari Peradi, saya bangga para peserta memilih mengambil profesi dari kami. Advokat adalah profesi yang mulia (Official Nobile), oleh karena itu harus menjadi advokat membela keadilan. Masyarakat memberikan penghormatan bagi profesi advokat karena pembela publik,” pungkasnya.

“Anda sebagai Advokat Peradi, maka menjadi anggota Peradi. Advokat Peradi selalu berjuang untuk single bar. Yang diakui oleh pemerintah sesuai undang-undang Advokat adalah single bar. Yang mempunyai kewenangan pengelolaan, pendidikan dalam organisasi Advokat adalah cuman satu, yaitu Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M. yang diakui sesuai keputusan pemerintah. Masyarakat pencari keadilan akan mencari Advokat yang profesional. Advokat sudah disumpah sebagai seoranga Advokat oleh organisasi yang diakui pemerintah, dalam hal ini Peradi di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M.Jika para peserta yang nanti sudah lulus ujian, diangkat menjadi Advokat, maka anda akan menjadi rekan sejawat bersama saya sebagai seorang Advokat,” pungkasnya.

Ketua DPC PERADI Jakarta Barat Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H., mengatakan,”Atas nama Peradi DPC Jakarta Barat, mengucapkan terimakasih semua pihak yang mendukung program PKPA ke VI di IBLAM School of Law. Oleh karena itu selamat bagi semua peserta PKPA yang sudah mengikuti baik secara offline dan online. DPC Peradi Jakarta Barat mempunyai tanggung jawab moral, agar para calon Advokat tidak salah dalam mengambil pendidikan Profesi Advokat.” pungkasnya.

“Kami berharap DPC Peradi Jakarta Barat bisa melahirkan para Advokat yang mempunyai integritas, berkualitas dan profesional ” ujarnya.

Ketua Panitia PKPA Ke-VI Dr.Ir.Aladin Sirait,SH,MH., “Saya berterima kasih atas semua pihak yang sudah mendukung terselenggaranya program PKPA ke VI ini. Semoga para calon Advokat nantinya bisa lulus dalam ujian akhir sehingga menjadi Advokat yang profesional. Walaupun persiapan kita singkat, tetap mengikuti standar PKPA dari Peradi. Para peserta terus memperjuangkan kebenaran dan keadilan dalam menjalankan profesi sebagai Advokat. Semoga menjadi Advokat yang profesional dan berintegritas,” pungkasnya.

Pengurus DPC Peradi Jakarta Barat.
Pengurus DPC Peradi Jakarta Barat.

Sambutan dari Ketua Yayasan STIH IBLAM, Dr. Rahmat Dwi Putranto, S.H., M.H., “Alhamdulillah PKPA kita berjalan dengan baik, sudah penyelenggara yang ke VI. Semoga ada kesempatan lagi PKPA lagi di IBLAM. Salah satu konsern pendidikan hukum lebih lanjut ada program bidang Hukum strata 2 atau S2. Peradi bersama IBLAM bisa bekerjasama untuk menyusun kurikulum program S2 Hukum di IBLAM. Program ini bisa bekerjasama dengan program di sekolah tinggi Hukum dunia internasional.

Kalau program ini bisa dilakukan, maka bisa menjadi kemajuan dalam dunia hukum di Indonesia. Semoga program kolaborasi ini bisa berguna bagi masyarakat luas. Kita juga mendukung perjuangan bersama yaitu sistem single bar, ” pungkas Rahmat Dwi.

Acara diakhiri secara simbolis PKPA ke VI bersama IBLAM School of Law ditutup oleh Ketua Umum Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.C.L., M.M. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam untuk para peserta yang hadir secara offline. Selamat kepada para peserta PKPA ke VI yang diadakan oleh DPC Peradi Jakarta Barat bersama Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM. (JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *