June 17, 2024

BRN | TNI AL, Palembang – Bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Gandus Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan telah berlangsung Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional IV Tahun 2022 dengan tema “Solidaritas, Milenial, Aktif, Responsif dan Tangguh”. Bertindak selaku Pembina Upacara Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si., dan Pemimpin Upacara Siswa SMK Penerbangan Sriwijaya Palembang Refaldi Akbar Noverta, Senin (14/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Direktur Utama Bulok Nasional Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si., Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen (Purn) Bachtiar Utomo, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M., Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, S.I.K., M.H., Pangdam ll/Sriwijaya diwakili Perwira Ahli Kasdam Kolonel Inf Jefson Marisono, S.I.P., Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan Drs. H. Riza Fahlevi, M.M., Komandan Lanud SMH Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M., O.A.S., Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr.Hanla., Danrem 044/Gapo diwakili Kapenrem Kapten Arm Edi Hermanto, Kajari Palembang diwakili Ibu Riaman Juwite, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib, S.I.K., M.H., Dandim 0418/Palembang diwakili Danramil 01/Makrayu, Kapten Inf Indra Sakti Ritonga, Kajari Kota Palembang Eko Adhyaksono S.H., M.H., Para Kepala Dinas, Kaban, Asisten Staf Ahli di Pemprov Sumsel dan Kota Palembang dan Para Ketua Kwarda dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka se Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M., selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan menyampaikan semoga suasana yang penuh persahabatan ini dapat mengilhami kita semua, kami selalu Pemerintah Daerah Sumatra Selatan mengucapkan selamat datang kepada kakak serta para tamu undangan sekalian di Sumatera Selatan. Kehadiran kakak-kakak dan adik-adik akan menginspirasi kami untuk terus berbuat dan melakukan yang terbaik guna pembinaan generasi muda di Sumatera Selatan.

Melalui gerakan Pramuka secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan berbangga atas kepercayaan Kapolri dan ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk memberikan kesempatan kepada Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pertikara Nasional IV Tahun 2022, semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan tertib dan lancar sebagaimana yang telah kita rencanakan. Kiranya Pertikara Nasional IV Tahun 2022 menjadi ajang mengembangkan kemampuan intelektualitas emosional karakter dan kepribadian serta kemungkinan bagi kaum muda Indonesia bagi pemerintah Sumatera Selatan pengembangan sumber daya manusia dimaknai sebagai investasi.

Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso yang isinya bahwa saya mengharapkan panitia dan peserta selalu menerapkan Protokol kesehatan dengan ketat pada saat pelaksanaan Perkemahan Pertikara Nasional IV. Kami juga berharap pada perkemahan ini dapat membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19 karna kita tahun saat ini covid-19 kembali naik. Perkemahan bakti ini baru ke empat kalinya di selenggarakan. Saka Bhayangkara telah menunjukkan berbagai kegiatan dan tema pada Pertikara Nasional IV ini dengan tema “Solidaritas, Milenial, Aktif, Responsif dan Tangguh”.

Perkemahan ini diharapkan dapat menjadikan Pramuka pemenagak yang tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan kedepan dan Saka Bhayangkara saya harap bisa menjadi pelopor pencegah penyalahgunaan narkoba. Saya berharap agar seluruh kegiatan pramuka agar menghindari ujaran kebencian dan berita bohong karna sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu tahun 2024.

Mari kita tetap menjungjung tinggi bhineka Tunggal Ika. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan seluruh jajaran yang telah membantu dan mendukung perkembangan Saka Bhayangkara ini termasuk kepada Kapolda Sumsel dan jajaran. Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel yang telah menjadi tuan rumah pada Perkemahan Pertikara Nasional IV. Mari kita manfaat perkembangan ini untuk menambah ilmu dan menambah persaudaraan seluas luasnya. Satu Pramuka untuk satu Indonesia. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Isi Amanat Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si., selaku Pembina Upacara sekaligus membuka secara resmi Pertikara Nasional IV Tahun 2022 yang intinya Pertikara Nasional IV ini adalah menjadi wadah untuk meningkatkan rasa persatuan, kesatuan dan semangat juang dan mendidik kaum muda untuk menjadi lebih cinta akan tanah air. Keberadaan gerakan Pramuka ini kemudian diperkuat melalui Perpres RI Nomor 238 tahun 1961 yang dikenal sebagai tahun lahirnya gerakan Pramuka dan UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka karena dinilai memiliki peran besar untuk menghidupkan dan menggerakkan kembali nilai-nilai Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Syukur alhamdulillah saat ini gerakan Pramuka masih tetap eksis dan semakin dekat dengan generasi muda bahkan ditetapkan menjadi ekstra kurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. Hal ini dikarenakan gerakan Pramuka memiliki fungsi pengembangan dan sosial yang mengajarkan banyak nilai-nilai mengenai kehidupan seperti kepemimpinan kebersamaan kecintaan alam dan kemandirian sehingga sangat potensial dalam membentuk karakter generasi muda sebagai kader pemimpin bangsa.

Melihat kekuatan gerakan Pramuka tersebut yang juga menjadi salah satu elemen bangsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, maka dibentuklah Saka Bhayangkara yang berada dibawah pimpinan Polri, dengan hadirnya serta Bhayangkara ini diharapkan dapat lebih mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan dan menumbuhkan rasa saling memiliki bahwa keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat merupakan tanggung jawab bersama utamanya dalam menghadapi tantangan bangsa kedepan.

Kita ketahui bahwa lingkungan strategis baik global regional maupun nasional terus berkembang semakin cepat mengatasi hal tersebut adalah melaksanakan pembinaan sumber daya manusia secara berkelanjutan untuk mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan terampil sebagai pondasi pembangunan bangsa Indonesia ke depan pada tahun 2030 sampai dengan 2040 Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi dimana jumlah penduduk usia produktif antara 15 sampai 64 tahun akan lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif yaitu kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun.

Dengan demikian, melalui Perkemahan Pertikara Nasional IV jadilah Saka Bhayangkara yang tangguh yang berguna ditengah masyarakat, akhirnya pada hari ini senin 14 November 2022 Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional IV Tahun 2022 dinyatakan dibuka.

Kemudian Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si., melaksanakan Pemukulan Tambur sebagai tanda dibuka secara resmi Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional IV Tahun 2022, didampingi oleh Ketua Kwartir Nasional GP, Sekjen Kwarnas GP, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan selaku Kamabida GP Sumsel.

Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional IV Tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 11 sampai dengan 18 November 2022.

Hal ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan kebijakan Kasal Laksaman TNI Yudo Margono yakni berani berubah kearah yang lebih baik, keluar dari zona nyaman dan jangan terjebak rutinitas monoton.

(Pen Lanal Palembang/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *