June 20, 2024

BRN | TNI AL, Lantamal XII – Komandan Satrol Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Kolonel Laut (P) Erpandrio Trio W, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., memimpin Serah Terima Jabatan Komandan KRI Sembilang-850, bertempat di Markas Satrol Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalbar, Sabtu (10/12/2022).

Berdasarkan Surat Keputusan Kasal Nomor : Kep/3776/XI/2022 tanggal 11 November 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Laut bahwa
Mayor Laut (P) Yahya Junarko Komandan KRI Sembilang-850 menyerahkan jabatan kepada Mayor Laut (P) Rifqi Muarief sebagai Pejabat Komandan KRI Sembilang-850 yang baru terhitung mulai tanggal 10 Desember 2022.

Mayor Laut (P) Yahya Junarko akan menempati jabatan baru sebagai Palaksa KRI Fatahilla Satkor Koarmada II, sementara itu Mayor Laut (P) Rifqi Muarief sebelum menempati jabatan Komandan KRI Sembilang-850 yang baru adalah mantan Siswa Dikreg Seskoal LX Tahun 2022.

Kegiatan acara serah terima jabatan Komandan KRI Sembilang-850 berlangsung di ruang lobby Markas Satrol Lantamal XII dengan menggunakan tennu PDU IV, dengan susunan acara sebagai berikut, penghormatan kepada pimpinan acara, laporan, pembacaan surat keputusan Kasal, pengambilan sumpah jabatan, penyematan tanda jabatan. Kemudian dilanjutkan penandatanganan fakta integritas dan naskah serah terima jabatan dan laporan resmi.

Dalam sambutannya, Dansatrol Lantamal XII
Kolonel Laut (P) Erpandrio Trio menyampaikan, “Seperti kita ketahui makna sertijab adalah suatu proses regenerasi pengawak organisasi guna menunjang dinamika dan kesinambungan pembinaan personel oleh karena itu, penyerahan, serah terima jabatan, agar tidak hanya dimaknai sebagai pergantian personel semata-mata, akan tetapi lebih dari itu, pergantian jabatan merupakan proses pembinaan yang diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas, inovasi, semangat pembaharuan dan penyegaran bagi peningkatan performance organisasi, sehingga menjadi lebih baik dan dinamis dalam menjawab tantangan tugas ke depan,” ucap Dansatrol.

“Jabatan pada hakekatnya merupakan amanah sekaligus reward atas prestasi dan kinerja yang telah diukir selama ini. Oleh karena itu, bulatkan tekad untuk mampu melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya percaya dengan pendidikan, pengalaman dan pengetahuan yang saudara miliki, saudara mampu mengemban tugas dengan baik,” lanjutnya.

“Kunci keberhasilan organisasi adalah kemampuan memberdayakan dan mensinergikan kekuatan serta kemampuan seluruh komponen organisasi sebagai satu kesatuan tim work yang solid dan buatlah perubahan yang sifatnya membangun dengan ide-ide yang bagus untuk kebaikan dan keberhasilan Lantamal XII Pontianak dan Satrol khususnya,” ucap Dansatrol Lantamal XII.

“Saya selaku Dansatrol mengucapkan terima kasih kepada Mayor Laut (P) Yahya Junarko yang telah dapat melaksanakan tugas sebagai Komandan KRI Sembilang-850 dengan baik. Pada kesempatan ini pula, kami mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas ditempat yang baru semoga sukses dan senantiasa dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Kepada Mayor Laut (P) Rifqi Muarief saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Lantamal XII Pontianak khususnya Satrol Lantamal XII, semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan KRI Sembilang-850 dengan baik. Kepada seluruh prajurit KRI Sembilang-850 agar dapat memberikan dukungan kepada Komandan yang baru semaksimal mungkin supaya tugas-tugas ke depan dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Kolonel Erpandrio.

Pernyataan Dansatrol Lantamal XII selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono ”Berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif.”

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *