June 20, 2024

BRN | Jakarta, 12 Desember 2022 – PT Aneka Gas Industri Tbk (“AGII”/“Perseroan”) resmi berganti nama menjadi PT Samator Indo Gas Tbk. Perubahan nama Perseroan disetujui oleh para Pemegang Saham dan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB)/(“Rapat”) yang diselenggarakan pada Senin, 12 Desember 2022 di Jakarta.

Direktur Utama Perseroan, Bapak Rachmat Harsono mengatakan, “Rebranding nama Perseroan bertujuan untuk lebih menunjukkan identitas Perseroan sebagai perusahaan nasional yang akan terus berkontribusi untuk Indonesia, serta menyelaraskan identitas Perseroan dengan Samator, selaku induk Perusahaan”.

 

Sebagai Pemimpin pasar di sektor gas medis, Perseroan akan terus mengedepankan kualitas dan kinerja yang optimal serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Dengan langkah strategis, kedepannya Perseroan juga akan terus mengembangkan jaringan bisnis yang luas dan kuat di Indonesia.

“Nama PT Samator Indo Gas Tbk diharapkan menjadi wajah baru untuk lebih mudah dikenal masyarakat dan mendapat persepsi yang tepat di benak masyarakat. Kami juga terus berkomitmen dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan, yang terwujud dari keikutsertaan Kami dalam Nota Kesepahaman Net Zero Hub dengan KADIN Indonesia, Perseroan juga masuk dalam indeks saham IDX ESG Leader 2022 serta pemeringkatan oleh Sustainalytics ESG Risk Rating.” Tambahnya.

Informasi Perseroan

Pada 30 November 2022, Perseroan telah mengumumkan Laporan Keuangan Konsolidasian Interim untuk periode Sembilan bulan yang berakhir pada tanggal 30 September 2022. Pada periode tersebut, Total penjualan mencapai Rp 1,90 (satu koma sembilan) triliun, Laba Bruto mencapai Rp 852,40 miliar, dan Laba Tahun Berjalan tercetak positif di level Rp 75,81 miliar. Total Penjualan selama 9M2022 menurun 8,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, namun Penjualan Q3-2022 meningkat 8,9% dibandingkan Penjualan Q2-2022.

Pada kuartal tiga tahun 2022, Hilirisasi industri telah mendorong pertumbuhan permintaan gas industri, dengan Sektor Manufaktur, Barang Konsumen, dan Infrastruktur mengalami pertumbuhan tertinggi di antara semua sektor pada kuartal tiga tahun 2022.

Pertumbuhan dari pelanggan non-medis telah menghasilkan pertumbuhan pendapatan Q-o-Q yang positif sebesar 8,9% pada Q3-2022, mengurangi dampak normalisasi permintaan tinggi dari sektor medis yang dialami pada tahun 2021.

Selain itu, total penjualan selama Januari s.d. September 2022 tumbuh 17,6 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, yang menunjukkan pertumbuhan kinerja pra VS pasca-Covid yang positif, serta CAGR3 (tiga) tahun yang secara keseluruhan lebih tinggi dari PDB.

Tentang PT Aneka Gas Industri Tbk

Aneka Gas Industri Tbk (AGII) yang sekarang menjadi PT Samator Indo Gas, adalah perusahaan gas pertama dan terbesar di Indonesia yang mempunyai empat lini bisnis, yaitu: 1) produksi gas industri, 2) perdagangan gas industri, 3) perdagangan alat-alat gas industri dan 4) instalasi peralatan gas industri.

AGII adalah perusahaan publik yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX) sejak September 2016 dan secara mayoritas dimiliki oleh Grup Samator. Hingga 30 September 2022, Perseroan mengoperasikan 55 pabrik gas industri dan 106 filling station di 28 provinsi di Indonesia.

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *