May 30, 2024

BRN | Sentul, Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 ini mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. Rakornas yang dihadiri oleh 4.545 peserta ini akan terbagi dalam empat panel.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

“Melalui momentum yang baik ini diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah, “tandas Tito.

Sementara itu Bupati Yahukimo, Provinsi Papua, Didimus Yahuli, SH ditemui awak media di sela sela acara istrahat menyampaikan pandangannya terkait acara Rakornas dan Forkopimda tahun 2023 ini.

“Acara ini bagus sekali, hanya harus ada ruang tanya jawab, supaya aspirasi – aspirasi dari daerah bisa kami sampaikan, seperti contoh kita mengajukan izin perusahaan – perusahaan daerah. tetapi Menteri, Presiden dan level atas berbicaranya begitu, tetapi di Dirjen itu masih menggunakan pola lama, jadi kita agak susah dapat izin cepat. Jadi bagaimana kita tekan inflasi, terus ciptakan lapangan kerja kemudian juga kita menurunkan stunting segala macam ini kalau kita tidak punya payung hukum untuk bisa agak leluasa dalam mengkaryakan orang untuk peningkatan pendapatan asli daerah, dan lain-lain, “ucapnya saat diwawancara.

Ditambahkan Didimus, ” Tadi saya lihat dan mengikuti kegiatan ini bagus untuk level atas tapi kurang diterjemahkan ditingkat Dirjen, Direktur dan segala macamnya. Jadi presiden dan menteri bicara begitu tapi di bawah diterjemahkan begitu. Jadi saya pikir, harusnya ada ruang tanya jawab ,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Didimus mengatakan sebelum nya kita sudah melakukan kegiatan tatap muka dan segala persyaratan – persyaratan sudah kita ajukan tetapi ini ijinnya belum keluar. “Jadi saya pikir bukan hanya kabupaten Yahukimo yang mengalami hal itu tetapi juga kemungkinan daerah lain juga, “ujarnya.

Harapan saya apa yang mereka bicarakan ini bisa menjadi realita,”pungkasnya. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *