May 20, 2024

BRN | Sentul, Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 ini mengusung tema “Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. Rakornas yang dihadiri oleh 4.545 peserta ini akan terbagi dalam empat panel.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

“Melalui momentum yang baik ini diharapkan keempat panel dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah, “tandas Tito. .

Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan, S.Si, M.Si, M.Sc mengatakan, Kami seluruh Kapolres sebagai mana undangan Kementerian dalam negeri yang ditindak lanjuti oleh Mabes Polri, Kami mendampingi Kepala Daerah masing-masing untuk hadir dalam Rakornas dan Forkompimda tahun 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah beserta seluruh unsur Forkompimda. Dalam arahannya Presiden Jokowi, para Menko juga, Kapolri, Jaksa Agung, Panglima TNI, semuanya sepakat mendukung program pemerintah khususnya dalam mengendalikan inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad Fadilan menjelaskan, Saya mewakili rekan-rekan yang lain khususnya dari Sumatera Barat kemudian juga dari Solok Kota, Kabupaten dan juga mungkin Polri secara keseluruhan mewakili teman-teman kita berharap dari forum ini selain adanya arahan yang kita terima langsung dari pimpinan nasional, kita juga bersilaturahim. Karena mengumpulkan Semua unsur Forkompimda dalam satu tempat, dalam satu waktu seluruh indonesia tentu bukan hal yang mudah. Kita berharap kegiatan kordinasi, silaturahim secara langsung seperti ini baik dan mungkin ada bagusnya juga apabila di rutinkan kedepannya,” pungkasnya.  *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *