June 20, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 13 Februari 2023 — Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer pada Triwulan I tahun 2023 menggelar Latihan Fungsional Kesehatan dengan melibatkan personel Diskes Kolinlamil dan perwakilan prajurit dan PNS dari satker-satker di jajaran Kolinlamil di ruang Aula Diskes Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/2). Kegiatan latihan fungsional kesehatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi.

Dalam pembekalan yang disampaikannya sebelum instruktur menyampaikan materi latihan, Kadiskes Kolinlamil menyampaikan pentingnya pengetahuan dan kemampuan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan menghadapi kegawatdaruratan dalam memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami kecelakaan atau hal lain terkait dengan kondisi kesehatannya. Pertolongan pertama sangat mempengaruhi hasil dari pertolongan lanjutan yang dilakukan oleh tenaga medis.

“Intinya dalam pertolongan pertama, ketepatan dan kecepatan penanganan adalah hal yang penting tentunya dengan teknik yang benar sehingga kualitas penanganan bisa optimal. Saya sangat berharap para peserta mampu mempraktekkannya dengan baik dan benar dalam memberikan pertolongan pertama bilamana terjadi kecelakaan pada keluarga atau seseorang di lingkungan sekitarnya saat menunggu tim kesehatan datang.” tandas Kadiskes Kolinlamil.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan di sela-sela kesibukannya menyampaikan perhatiannya akan latihan fungsional yang diselenggarakan oleh Diskes Kolinlamil. Materi yang disampaikan seperti Pengetahuan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Kegawatdaruratan, Kekarantinaan serta Kesehatan (K3) lingkungan sangat bermanfaat bagi seluruh peserta latihan dalam mensikapi serta aksi pendahuluan guna menyelamatkan seseorang sehingga korban tidak mengalami kondisi yang lebih parah.

Latihan ini merupakan salah satu hal yang menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Harian Kasal bahwa prajurit TNI AL harus selalu meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil/LI)

 

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali

(Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *