May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Februari 2023 – Dalam rangka mengantisipasi ancaman serangan udara, prajurit Komando Lintas Laut Militer menggelar latihan Pertahanan Pangkalan yang dilaksanakan di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/2). Latihan Pertahanan Pangkalan ini merupakan serial latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III/L-3 Kolinlamil tahun 2023. Latihan diskenariokan, KRI Teluk Hading-538 dan KRI Teluk Lampung-540 yang memiliki kemampuan radar udara menangkap obyek tidak dikenal dan terbang rendah mendekati Mako Kolinlamil. Saat itu juga dilaksanakan peran bahaya udara dan langsung direspon oleh Divisi Jaga Mako Kolinlamil dengan peran tempur bahaya udara dan pertahanan pangkalan.

Dalam latihan tersebut disimulasikan pesawat melakukan penembakan ke darat dan mengenai kendaraan yang sedang terparkir di sekitar dermaga beaching plate Mako Kolinlamil sehingga menyebabkan kebakaran dan berakibat salah satu prajurit yang sedang melintas turut terbakar. Dengan situasi tersebut regu Pemadam Kebakaran segera menanggulangi agar kebakaran tidak meluas dan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kolinlamil segera mengevakuasi korban untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang selaku Perwira Penyelenggara Latihan (Papelat) menyampaikan bahwa latihan ini merupakan rangkaian kesiapan personel jelang latihan Glagaspur tingkat III/L-3 sekaligus sebagai wujud profesionalisme prajurit dalam mengasah kemampuan sehingga naluri tempur Prajurit senantiasa terjaga dan selalu siap dalam menghadapi tugas yang diperintahkan oleh komando atas. “Sesuai arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan, bahwa TNI atau TNI AL walau di masa damai seperti saat ini latihan tempur harus tetap dilaksanakan guna menjaga kedaulatan NKRI. Biarlah kami yang terjaga untuk melindungi rakyat tetap aman, biarkan rakyat hidup tenang dalam melaksanakan aktifitasnya.” ungkapnya.

Serial latihan yang dimainkan dalam Gladi Tugas Tempur Tingkat III Kolinlamil tersebut merupakan implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam situasi seperti apapun prajurit TNI AL harus mampu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *