May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Februari 2023 – Keberadaan Mako Kolinlamil menjadi salah satu alternatif destinasi wisata edukasi bahari. Kapal perang yang saat ini stand by pangkalan dapat menjadi salah satu obyek wisata yang mampu menarik minat generasi muda. Selain menampilkan teknologi dan fasilitas yang dimiliki, wisata di kapal perang juga menawarkan informasi tentang keangkatanlautan yang diharapkan mampu menjaring minat generasi muda untuk bergabung dengan TNI AL, join the Navy and see the word.

Kesempatan yang baik tersebut dimanfaatkan oleh pelajar SMA Islam Al-Madinah Jonggol untuk melihat langsung dan mengenal kapal perang di Kolinlamil dari dekat, salah satu KRI yang dikunjungi oleh para pelajar tersebut yakni KRI Tanjung Kambani-971 yang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/2). Para pelajar yang mengikuti kunjungan ke Kolinlamil tersebut begitu antusias untuk mengetahui seluk beluk KRI Tanjung Kambani-971. Bagi pelajar dan para guru pendamping, kesempatan naik KRI merupakan pengalaman perdana dan hal tersebut dapat menjadi obat penawar rasa penasaran yang selama ini mereka rasakan tentang situasi, kondisi dan informasi tentang KRI.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan kepada seluruh jajaran Kolinlamil telah menyampaikan agar semua pihak turut mendukung program dari Staf Potensi Maritim Kolinlamil salah satunya dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkunjung ke Kolinlamil dan mengenal lebih dekat tentang kapal perang yang dimiliki TNI AL. Kesempatan tersebut terbuka bagi siapa saja baik kelompok organisasi masyarakat atau lembaga pendidikan yang tentunya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di TNI AL. Wisata edukasi kebaharian yang difasilitasi oleh Kolinlamil merupakan upaya untuk mempublikasikan alutsista TNI AL kepada masyarakat sekaligus menunjukkan kepada khalayak umum bahwa prajurit TNI AL berkomitmen untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia dengan mengawaki dan merawat KRI semaksimal mungkin.

Program kerja Staf Potensi Maritim Kolinlamil dalam memfasilitasi berbagai elemen masyarakat untuk mengetahui lebih dekat dengan alutsista TNI AL beserta prajurit pengawaknya merupakan salah satu penjabaran dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus perkokoh soliditas antar matra TNI dengan mengacu pada kerangka penguatan konsep operasi gabungan serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi Pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI AL dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *