June 21, 2024

BRN | TNI AL, Pontianak,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Bahari Tingkat Daerah Kalimantan Barat oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalbar H. Syarif Abdullah Al-Kadrie, SH , MH, di KRI Sembilang-850 dan dilanjutkan dengan Pelantikan para Pengurusnya Masa Bakti 2020-2025, bertempat di Markas Satrol Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No.01, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (20/ 2/2023).

Upacara pelantikan sendiri diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu Pramuka. Selanjutnya mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua Pramuka Kwarda Kalbar serta diikuti seluruh peserta undangan yang hadir.
Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar dan pembacaan Tri Satya sebagai Janji Pramuka dan pembacaan Ikrar oleh Danlantamal XII Pontianak, beserta pengurus yang dikukuhkan, dilanjutkan penyematan tanda jabatan yang disematkan langsung oleh Ketua Pramuka Kwarda Kalbar.

Usai prosesi, Danlantamal XII Pontianak menyatakan, “Selaku Majelis Pembimbing Pramuka Saka Bahari Daerah Kalbar, saya berpikir terima kasih atas pelantikan sebagai Ketua Mabisaka Bahari. Pendapat pembinaan Pramuka Saka Bahari merupakan salah satu upaya pendidikan bela negara dalam
membentuk kader generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan,” ujar Danlantamal XII.

“Pramuka Saka Bahari diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana melindungi kemerdekaan guna menjamin tetap tegaknya NKRI dan memulihkan hidup bangsa dan negara,” jelasnya.

Laksma TNI Dr Suharto juga menyatakan bahwa ke depannya, akan terus melakukan koordinasi bersama jajaran Pengurus Mabisaka Bahari Kalbar, agar organisasi ini semakin diminati oleh kalangan pemuda dan pelajar di Kalbar.

“Saka Bahari mempunyai arti sebagai wadah pembinaan bagi penegak pramuka dan pandega pramuka dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja,” ungkapnya.

“Saka Bahari menjadi salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional di samping Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika,” lanjut Danlantamal XII Pontianak.

Gerakan Pramuka Saka Bahari yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan tugas pokok Lantamal XII yaitu melaksanakan pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan di laut yaitu meliputi pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) termasuk salah satunya Pramuka Saka Bahari merupakan salah satu komponen cadangan yang diperlukan dalam mendukung pembangunan maritim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kakwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Pejabat Utama Lantamal XII, Kadis/Kasatker Lantamal XII, Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Para Peserta Pelantikan (PSDKP, Dirpolairud, KPLP, KSOP, GM Pelindo), dan Anggota Saka Bahari.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *