May 30, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Februari 2023 — Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan menghadiri acara pembukaan Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) III Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Jakarta Utara yang berlangsung di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara lantai 14, Jl. Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22/2). Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat dari TNI-Polri, Instansi Pemerintah maupun swasta diantaranya adalah Walikota Jakarta Utara Dr. Ali Maulana Hakim, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi dan Ketua KADIN Kota Jakarta Utara Sungkono Ali dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Subagiyo.

Dalam kegiatan tersebut Panglima Kolinlamil menyampaikan sambutan dan orasinya tentang “SINERGITAS EKOSISTEM LOGISTIK, EKONOMI, PERTAHANAN DAN KEAMANAN GUNA MERAIH DAYA SAING GLOBAL DALAM RANGKA PERCEPATAN MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU”. Dalam orasinya, Panglima Kolinlamil menyampaikan betapa strategisnya posisi geografis NKRI yang di dalamnya terkandung sumber daya alam yang luar biasa baik yang dapat dapat diperbaharui seperti air, udara, tanah, hewan, dan tumbuhan maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti gas alam, minyak bumi serta mineral dan batu bara. Berbagai sumber daya alam tersebut bila ditata dengan baik akan mewujudkan Indonesia maju. Keunggulan geografis, demografis dan melimpahnya sumber daya alam harus dikelola secara sinergis untuk meraih daya saing global dalam rangka percepatan mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dan berdaulat dalam berbagai bidang.

Hamparan kepulauan yang dihubungkan dengan lautan dan potensi sumber daya alam yang melimpah serta bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk Indonesia menjadi modal dasar untuk meraih tujuan bangsa Indonesia sesuai yang dicita-citakan bersama. Perairan Indonesia sepanjang tahun menjadi jalur transportasi dunia yang dilalui oleh berbagai jenis dan ukuran baik kapal-kapal nasional maupun internasional. Potensi tersebut menjadi peluang sumber devisa negara yang dapat memberikan konstribusi bagi kesejahteraan rakyat. Dan, potensi tersebut salah satunya berada di Jakarta Utara yaitu Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pintu gerbang ekonomi maritim sekaligus barometer ekonomi nasional maupun regional. Namun kesemuanya itu harus didukung dengan jaminan keamanan dan keselamatan pelayaran bagi para pengguna laut sehingga kondisi tersebut dapat menjadi magnet bagi investor untuk beraktivitas di Indonesia.

“Dapat saya garis bawahi bahwa berbagai keuntungan bangsa Indonesia karena letaknya dan sumber daya alam yang berada di dalamnya termasuk jumlah penduduk Indonesia akan menjadi sia-sia atau tidak termanfaatkan dengan optimal saat kita tidak bersinergi dan masih mengedepankan ego sektoral. Sinergitas dalam pembangunan nasional adalah amanah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo saat Rapat Pimpinan TNI-Polri beberapa waktu yang lalu. Sinergitas, integritas dan kolaborasi TNI-Polri dengan Kementrian Lembaga dan seluruh komponen bangsa dalam percepatan pembangunan nasional mutlak dibutuhkan.” ucap Panglima Kolinlamil.

“Amanat Bapak Predisen RI langsung saya laksanakan saat melaksanakan Geladi Tugas Tempur Tingkat III Kolinlamil tahun 2023 dengan melibatkan berbagai komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung dari berbagai stakeholder khususnya yang berada di Jakarta Utara dalam suatu formasi tempur. Hal itu memberikan gambaran kontribusi komcad dan komduk dalam pertahanan negara.” imbuhnya.

Sebelum menutup orasinya, Panglima Kolinlamil kembali mengajak seluruh hadirin untuk menunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia, kepada Pemimpin Nasional, kepada Atasan kita bahwa kita bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk kepentingan nasional. Hal tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam perintah hariannya, perkokoh soliditas antar matra TNI dengan mengacu pada kerangka penguatan konsep operasi gabungan serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *