June 20, 2024

BRN | TNI AL, Pontianak,- Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) S. Imam Suroto, CTMP., menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera hari Senin tanggal 27 Februari 2023 mewakili Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto, yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS di Lapangan Apel Mako Lantamal XII, Jalan Raya Wajok Hilir KM. 17, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (27/2/2023).

Upacara Bendera yang diselenggarakan setiap hari Senin memiliki arti penting bagi kita semua. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat juang dan cinta tanah air serta sebagai media komunikasi Komandan/pimpinan kepada staf dan bawahannya untuk menyampaikan kebijakan dan perintah serta informasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Amanat Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamna Pertama TNI Dr. Suharto yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan, beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan Rapat Staf dan Komando (Rasko) pada hari Senin tanggal 20 Februari 2023, adapun penekanan dari Komandan Lantamal XII kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal XII yaitu, pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara. “Dukung penuh kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural, rencanakan dan gunakan setiap sen anggaran dengan perhitungan yang cermat dan masuk akal sehingga tepat sasaran pembangunan tidak _copy paste_ dengan perencanaan terdahulu,” kata Aslog membacakan amanat.

Selanjutnya, ambil keputusan sesuai lingkup kewenangan serta kuasai dan patuhi hukum nasional dan internasional. Hati-hati ber-medsos (termasuk keluarga) dan waspada pengaruh paham radikal.

“Dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat. Berani berubah kearah yang lebih baik, keluar dari zona nyaman dan jangan terjebak dengan rutinitas monoton, kembangkan ide dan inovasi baru yang bermanfaat, berpikir _out of the box_,” lanjut Kolonel Imam.

“Rekrutmen personel TNI AL dari sumber yang terbaik, khusus Pengawak Posal utamakan putra daerah.
Tingkat sinergitas dan soliditas di internal TNI AL (operasi dan intelijen) serta dengan instansi terkait lainnya. Pedomani serta laksanakan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kegiatan dan kehidupan bermasyarakat,” sambungnya.

Sebagai informasi juga disampaikan bahwa dalam minggu ini akan dilaksanakan 2 (dua) kegiatan yaitu Latihan P1 dan P2 dari Kolat Armada 1 dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi Zona Integritas (RBZI) dari Koarmada 1, untuk itu “saya tekankan kepada seluruh prajurit untuk mengikuti kegiatan tersebut, walaupun waktu yang padat tetapi kita harus tetap mengikuti kegiatan tersebut dengan ikhlas,” lanjutnya membacakan amanat Danlantamal.

Diakhir amanatnya, Komandan Lantatamal XII mengingatkan supaya tetap waspada akan cuaca buruk dan kebakaran hutan di wilayah Kalimantan Barat, serta hindari narkoba permainan judi _online_ LGBT serta kegiatan yang negatif lainnya yang akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

Peserta upacara diikuti oleh Korps Musik, Peleton Pamen, Peleton Pama, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Lantamal XII.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *