May 30, 2024

BRN | TNI AL, Simeulue,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue bersama Yayasan Ecosystem Impact (YEI) menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di Perairan Pulau Lasia, Kabupaten Simeulue. Kegiatan tersebut bertujuan untuk kembali melestarikan terumbu karang yang menjadi tempat hidup biota laut, Minggu (26/2/2023).

Komandan Lanal Simeulue Hendra Dwinanto, S.H., M.Tr.Opsla., menjelaskan bahwa kegiatan ini sifatnya berkesinambungan, tidak hanya berhenti pada transplantasi terumbu karang saja, tapi juga pengecekan dan pemeliharaannya akan diperhatikan.

Danlanal Simeulue juga menekankan pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang karena memiliki pengaruh besar bagi kelimpahan populasi biota laut dan juga menjaga keseimbangan ekosistem laut. Lanal Simeulue mendukung penuh transplantasi terumbu karang di Pulau Lasia dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan tersebut.

Irda Kusuma selaku Ketua YEI Kabupaten Simeulue mengajak semua pihak untuk mencintai dan menjaga terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan dan binatang laut lainnya. Kurang lebih 40 media/subtrat dimasukkan ke dasar laut pada kedalaman 10-15 meter, setelah sebelumnya bibit terumbu karang sudah diikat di media tersebut.

Kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut turut melibatkan personel dari Kodim 0115/SML, Satpol Airud Polres Simeulue, Camat Teupah Selatan, Ketua YEI Kabupaten Simeulue serta 7 orang Staf, DKP dan Personel POSSI Kabupaten Simeulue.

(Pen Lanal Simeulue/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *