June 21, 2024

BRN | TNI AL, Bandung, 01 Maret 2023,– Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri Acara Ramah Tamah Pembukaan Pendidikan Reguler LI Sesko TNI TA 2023, bertempat di Graha Adibrata Sesko TNI, Jalan R.A.A. Martanegara No. 11, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (01/03/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada pembukaan Pendidikan Reguler ke-51 Sesko TNI TA 2023, didampingi oleh Kasad, Kasal, Kasau dan Kapolri.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sesko TNI dituntut untuk mampu melahirkan perwira-perwira yang mumpuni dalam merencanakan dan melaksanakan operasi gabungan baik dalam OMP maupun OMSP. “Untuk itu saya berharap lulusan Sesko TNI harus mampu menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan mampu menjadi bagian dari solusi, serta menjadi prajurit yang piawai dalam operasi gabungan. Lulusan Sesko TNI juga harus mampu berkolaborasi dengan elemen lain dalam melaksanakan Operasi Gabungan,” jelasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI berharap dengan keikutsertaan para perwira siswa manca negara dapat memperkuat hubungan bilateral yang baik antar negara. “Kehadiran Perwira Siswa dari Australia, Arab Saudi, India, Malaysia, Pakistan dan Singapura akan semakin memperluas wawasan dan memperkuat kerjasama bilateral antar negara,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI memberikan penekanan agar menjadi pedoman bagi segenap Perwira Siswa Dikreg LI Sesko TNI tersebut. Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan dalam bertindak. Kedua, ikuti pendidikan dengan penuh disiplin, dedikasi serta kesungguhan, kuasai berbagai materi pendidikan serta pelihara kebugaran dan kesehatan. Ketiga, tingkatkan kemampuan dalam merencanakan dan mengembangkan konsep Operasi Gabungan, berlatihlah dengan skenario yang realistis dan bangun interoperabilitas TNI. Keempat, bangun sinergi dan kemampuan kolaboratif untuk menghadapi dinamika lingkungan strategis dan disrupsi diberbagai bidang dalam rangka menyiapkan diri untuk penugasan di masa mendatang.

Turut hadir pada upacara tersebut diantaranya, Aslog Panglima TNI, Aspers Panglima TNI, Kapuspen TNI, Danpuspom TNI dan Kapusada TNI serta para Pejabat Utama Mabes TNI dan Angkatan.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *