May 18, 2024

BRN | TNI AL, Bintan,- Posbinpotmar Lobam telah mengamankan dan melaksanakan pengecekan Bouy yang hanyut di Perairan Lobam akibat cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir ini, Rabu (01/03/2023).

Setelah kordinasi dengan Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjungpinang bahwa Bouy tersebut hanyut pada titik koordinat 00° 59′ 47.7230″ N / 104° 13′ 32.0020″ E, sisi Pesisir Pantai Pulau Lobam. Setelah mendapat informasi tersebut, Pgs. Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (P) Mandri Kartono, M.M., M. Tr. Hanla, segera memerintahkan Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan memerintahkan personel Posbinpotmar Lobam untuk mengamankan keberadaan benda tersebut.

Dari hasil pengecekan dan kordinasi dengan instansi maritim lainnya bahwa barang tersebut adalah Ponton Pelampung Suar SBNP (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran) yang berukuran sekitar Lebar ± 8 metee dan panjang ± 10 meter dan ketebalan ±1,5 meter yang berada di Perairan Karang Singa (Perbatasan Indonesia Malaysia) yang dibangun oleh Kementerian Pertahanan pada tahun 2022.

Ponton Suar (SBNP) tersebut ditarik oleh nelayan karena posisinya berada pada alur pelayaran sehingga keberadaannya mengganggu apabila ada kapal yang lalu lalang di perairan tersebut, untuk sementara Bouy/Ponton Suar dalam pengawasan Pos Binpotmar Lobam.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *