June 21, 2024

BRN | TNI AL, Bintan,- Personel Lanal Bintan melaksanakan Uji Terampil menjelang pelaksanaan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1 dan 2 (P1 dan P2) pada tanggal 13 – 14 Februari 2023 oleh Komando Latihan (Kolat) Koarmada I, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Bintan, Kamis (02/03/2023).

Hal ini dilakukan dalam rangka menghadapi Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2) yang dilaksanakan secara rutin oleh Kolat Koarmada I di setiap Lanal dibawah jajaran Lantamal IV untuk menguji kemampuan dan profesionalisme prajuritnya.

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh PgS. Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Mandri Kartono, M.Tr. Hanla, M.M., tersebut diawali dengan briefing oleh Palaksa Lanal Bintan Letkol Laut (P) Fery Anton S., M.Tr. Opsla., dan Perwira Staf kepada seluruh personel Lanal Bintan. Dalam briefingnya Palaksa Lanal Bintan menekankan kepada dalam pelaksanaan Gladi P1/P2 agar dilaksanakan dengan serius dan semangat, ikuti aturan-aturan sesuai dengan skenario yang ditelah diatur oleh Pasops Lanal Bintan, sehingga hasil dari latihan-latihan tersebut bisa maksimal.

Lebih Lanjut, Palaksa Lanal Bintan menerangkan bahwa materi yang dilatihkan yang nantinya akan diuji dihadapan Tim Uji Terampil Kolat Armada I itu meliputi, pengecekan software dan hardware, test tertulis bidang Kamla, SAR, kebaharian. Kemudian kemampuan komunikasi, bongkar pasang senjata, dakhura, PDD Khas TNI AL, watpers, dukungan perbekalan, kesehatan, PEK dan manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, PBB, PDD, TUM, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan, PEK dan Evakuasi Media Darat.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga menyampaikan arahan dan penekanan kepada seluruh prajurit Lanal Bintan bahwa dengan adanya latihan uji terampil itu dapat dijadikan dasar penilaian oleh pimpinan TNI AL tentang peningkatan profesionalisme prajurit guna menghadapi tugas mendatang yang semakin kompleks dan dinamis. Danlanal Bintan juga berharap kepada seluruh prajurit agar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental dengan tujuan agar supaya semua latihan yang digelar dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *