June 21, 2024

BRN | TNI AL, Belawan,- Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menghadiri Pembukaan Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (Patkor Malindo) yang ke-159 tahun 2023, di Gedung OB Syaaf Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.1, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Rabu (01/03/2023).

Patroli Terkordinasi Malaysia Indonesia (Patkor Malindo) yang ke-159 tahun 2023 hari ini resmi dibuka oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma, dalam amanatnya menyampaikan keberadaan Selat Malaka sebagai salah satu check point internasional, yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Samudera Pasifik memiliki nilai strategis bagi kapal-kapal yang melintas, baik kapal masing-masing negara maupun user state lainnya untuk mendukung kepentingan nasionalnya maupun kepentingan internasional. Dengan demikian, sangatlah perlu adanya jaminan terciptanya good order at sea keamanan maritim di Selat Malaka tersebut.

Sebagai negara pantai yang berada disekitar Selat Malaka, maka Indonesia dan Malaysia memiliki tanggung jawab dalam pengamanannya. Kehadiran Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia di Selat Malaka ini, merupakan upaya nyata sebagai wujud a sense of security.

Masih dalam amat Pangkoarmada I, permasalahan di Selat Malaka yang senantiasa berubah secara dinamis dari waktu ke waktu, saya mengajak kepada seluruh unsur gugus tugas Patkor Malindo, yaitu dari TNI Angkatan Laut KRI Barakuda-814 dan KRI Torani-860, serta unsur TLDM yaitu KD Badik dan KD Mahamiru, mari kita laksanakan tugas mulia ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Lebih lanjut disampaikan, Pangkoarmada I sangat bangga atas dedikasi, semangat dan pencapaian yang telah diperoleh. Untuk itu, sekali lagi saya mengajak dan menghimbau, mari kita tingkatkan pencapaian pada operasi Patkor Malindo 159/23 kali ini, dengan hasil yang lebih baik. Yakinlah, bahwa apa yang kita laksanakan ini, memiliki nilai yang sangat strategis dalam menumbuhkan kepercayaan dunia internasional kepada negara kita, Indonesia dan Malaysia.

Diakhir sambutannya, Pangkoarmada I menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Delegasi Malaysia yang telah hadir pada Upacara Pembukaan Patkor Malindo-159/23. Tidak lupa, saya ucapkan selamat bertugas kepada seluruh personel gugus tugas. Laksanakan amanah ini dengan baik dan jaga kehormatan kedua negara serta kedua Angkatan Laut dengan sebaik-baiknya.

Dalam kegiatan ini, Panglima Wilayah 1 TLDM Malaysia Rear Admiral Farizal Myeor sebagi Ketua Delegasi TLDM, mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma dan seluruh pihak Angkatan Laut Indonesia atas kehadiran dan kerelaannya melaksanakan Pembukaan Operasi Patroli Terkoordinasi (Patkor) Malindo 159/23. Kami sangat senang atas pelayanan yang diberikan dan berharap pertemuan ini akan terus mempererat hubungan persaudaraan di antara Malaysia dan Indonesia yang telah terjalin selama ini.

Hal tersebut selaras dengan penekanan Kasal yakni “Untuk melaksanakan peran diplomasi Angkatan Laut sesuai dengan kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah dengan negara sahabat guna menjaga stabilitas keamanan sekawasan”.

Turut hadir dalam kegiatan, Pangkoarmada I, Panglima Wilayah 1 TLDM, Danguskamla Armada I, Asops Pangarmada I, Korsmin Pangkoarmada I, Asops Danguskamla Koarmada I, Pabandya Ban II Ops Sopsal, CTG RMN, PJU Lantamal I, CO KD Badik, CO KD Mahamiru, Komandan KRI Barakuda, Komandan KRI Torani dan Prajurit dari 4 unsur peserta Patkor Malindo 159/23.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *