June 17, 2024

BRN | Mempawah, TNI AL, Lantamal XII, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto membuka kegiatan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 dengan dihadiri Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada I Kolonel Laut (P) Ignatius Bayu Kuncoro, S.E., CHRMP. yang berlangsung sejak tanggal 27 Februari hingga 2 Maret 2023 di Mako Lantamal XII Wajok Mempawah Kalimantan Barat, Kamis (02/03/2023)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, mengukur kesiapan prajurit dan mengasah kemampuan naluri tempur prajurit dalam rangka meningkatkan profesionalitas satuan sehingga dapat tercapai Sumber Daya Manusia (SDM) Prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Adapun materi yang diujikan antara lain uji tulis, PBB, PDD Khas, bongkar pasang senjata, peluit, tali temali, menembak laras panjang dan pistol, persemayaman dan pemakaman, renang militer, evakuasi medis, PHH serta penindakan huru-hara, jajar kehormatan, pertahanan pangkalan dan penanggulangan kebakaran.

Dalam sambutannya, Komandan Lantamal XII menjelaskan ‚Äútugas Pangkalan itu tidak jauh berbeda dengan tugas TNI AL dimana selain sebagai fungsi pelayanan juga memiliki fungsi tempur, fungsi hukum, fungsi diplomasi, fungsi membangun kekuatan TNI AL dan fungsi pertahanan pangkalan. Diharapkan penilaian dari Tim Kolat dapat memberikan Feedback untuk kita, sehingga kedepan kita dapat memperbaiki kekurangan untuk menjadi lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas pokok Lantamal XII,” ujar Danlantamal XII.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala. Selama kegiatan berlangsung seluruh personil melaksanakan tugasnya dengan semangat dan bertanggung jawab sesuai perannya. Pada akhirnya personil Lantamal XII dapat melaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Hal ini sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla ” Tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan ( _capability_ ) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.”

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *