May 30, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 2 Maret 2023 — Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan beserta sejumlah pejabat tinggi TNI-Polri serta pejabat Pemerintah Daerah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2023 yang berlangsung Arena Jakarta Internasional Expo Kemayoran Hall B1 dan B2 yang dibuka Presiden RI Joko Widodo, Kamis (2/3). Tema yang diangkat adalah ‘Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana’. Maksud dari penyelenggaraan Rakornas PB Tahun 2023 adalah sebagai sarana koordinasi antar Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah beserta stakeholder terkait baik pusat maupun daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Adapun tujuan yang akan dicapai dari penyelenggaraan Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2023 diantaranya adalah penguatan kolaborasi dan sinergitas lembaga Penanggulangan Bencana dari level pusat hingga ke daerah, identifikasi hambatan, tantangan, dan evaluasi capaian program Penanggulangan Bencana di daerah hingga tahun 2023 dan internalisasi dan penyelarasan rencana program Penanggulangan Bencana Nasional-Provinsi-Kabupaten/Kota dan antar daerah tahun 2023 dan 2024.

Dalam Rakornas tersebut juga digelar pameran industri kebencanaan tingkat Asia dan Global Forum for Sustainable Resilience (GFSR). Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2023 membahas mengenai kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana. Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan bahwa perubahan iklim menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis. Adapun bencana tersebut meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan non alam lainnya.

“Terkait dengan Rakornas Penanggulangan Bencana ini, Kolinlamil selaku Kotama TNI AL siap untuk membantu dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam penanggulangan bencana baik pada tahap pra bencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana. Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa TNI AL berkomitmen untuk menjalin dan memperkokoh soliditas serta sinergitas dengan segenap komponen bangsa dalam penanggulangan bencana guna membantu serta meringankan warga masyarakat yang terdampak bencana.” ungkap Panglima Kolinlamil.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *