June 20, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 7 Maret 2023 — Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam memahami bagian-bagian senjata organik TNI, Detasemen Markas Kolinlamil menggelar latihan bongkar pasang senjata Triwulan I tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (7/3). Latihan bongkar pasang senjata yang diikuti perwakilan prajurit dari masing-masing satuan kerja ini menggunakan senjata laras panjang jenis SS-1 serta pistol jenis G-2 Combat dan Sig Sauer.

Komandan Denma Kolinlamil Kolonel Laut (P) Alhenadi menyampaikan bahwa latihan ini merupakan latihan rutin Triwulan yang dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan. Tujuannya untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit Kolinlamil dalam penggunaan senjata. Dengan latihan bongkar pasang senjata tersebut maka akan diikuti dengan proses pemeliharaan atau perawatan senjata itu sendiri. Lebih lanjut Dandenma Kolinlamil menambahkan, sesuai dengan arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan bahwa senjata menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan prajurit. Oleh sebab itu kondisinya harus dijaga dan dirawat agar setiap saat senjata bisa digunakan dengan baik tanpa ada kendala.

“Latihan bongkar pasang senjata ini bukan hanya sekedar membongkar dan memasang kembali namun harus memahami bagian-bagiannya dan mengetahui cara pemeliharaan serta perawatannya. Satu perangkat tidak ada atau tidak terawat dengan baik, tentu saja senjata tidak dapat digunakan dengan optimal.” ungkap Dandema Kolinlamil.

Tidak ada prajurit yang hebat, yang ada hanyalah prajurit yang terlatih. Latihan harus diselenggarakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut agar setiap prajurit mampu mencapai standar kompetensi prajurit sesuai yang diharapkan. Hal tersebut merupakan implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dimana setiap prajurit TNI AL harus meningkatkan kesiapan operasional yang diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *