May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 8 Maret 2023 — Peringatan Isra Mi’raj memiliki arti penting khususnya bagi prajurit TNI Angkatan laut (TNI AL), yaitu sebagai upaya dalam menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komando Lintas Laut Militer mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H/2023 M yang dilaksanakan di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3). Pada peringatan Isra Mi’raj tersebut turut dihadiri oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan didampingi oleh Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Peni Yayan Sofiyan.

Isra Mi’raj pada kali ini mengambil tema “Sholat Membentuk Karakter Patriot NKRI yang Tangguh”. Peristiwa Isra Mi’raj tentunya dapat dijadikan pelajaran yang berarti bagi prajurit Kolinlamil dalam rangka meningkatkan disiplin, loyalitas dan moralitas dalam melaksanakan tugas.

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Isra Mi’raj ini memberikan kesadaran untuk semuanya bahwa manusia merupakan makhluk yang sangat lemah dan memiliki banyak keterbatasan sehingga seluruh umat manusia selalu mawas diri dan berusaha selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, marilah kita bersama menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dimana yang menjadi intinya adalah mendirikan Sholat lima waktu. Dengan mendirikan sholat, akan memperkokoh iman dan takwa kita kepada Allah SWT, yang pada akhirnya dapat diimplementasikan kedalam penugasan serta kehidupan sehari-hari”, ujar Panglima Kolinlamil.

Sementara itu Dr. H. Mulyadi Effendi selaku penceramah yang dalam ceramahnya menyampaikan bahwa tema yang diangkat adalah Sholat Membentuk Karakter Patriot NKRI yang Tangguh. Hal ini merupakan hikmah dari sholat dapat mengajarkan kedisiplinan karena disiplin dalam sholat tentunya akan berpengaruh kepada disiplin dalam kehidupan. Dapat diketahui bersama, kunci keberhasilan sebuah organisasi adalah disiplin, oleh karena itu sholat dapat membentuk mental kedisiplinan yang tangguh.

Pelaksanaan Isra Mi’raj ini merupakan implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus perkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *