June 20, 2024

BRN | TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo selaku Pembina secara resmi membuka Rapat Anggota Pertanggung Jawaban (RAPJ) Puskopal Belawan Tahun Buku 2022, di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (09/03/2023).

Komandan Lantamal I dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan rapat ini merupakan wahana formal untuk mewadahi ide dan pemikiran aspiratif dalam mencari solusi untuk memajukan Puskopal Belawan.

Dengan tema rapat hari ini adalah “Melalui Pemberdayaan Koperasi Angkatan Laut, Kita Wujudkan Program Ketahanan Pangan Nasional Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Koperasi Beserta Keluarganya”. Komandan Lantamal I berharap agar fungsi Koperasi Angkatan Laut sebagai pelaksana kebijaksanaan pimpinan TNI AL dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya guna mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional selaras dengan tujuan kita untuk terus meningkatkan kemampuan serta kinerja koperasi dibidang usaha sehingga dapat benar-benar mendukung kesejahteraan anggota dan keluarganya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya yang dibacakan Pejabat Fungsional Diskop dan UMKM Provinsi Sumut Ibu Juniari Siahaan, S.Kom., M.Si., menyampaikan apresiasinya kepada Pengurus Puskopal Belawan yang telah melaksanakan RAPJ Tahun 2022 dengan tepat waktu bahkan Puskopal Belawan merupakan Koperasi Pertama di Sumatera Utara yang telah melaksanakan RAPJ.

Untuk itu, diharapkan didalam acara pembahasan nanti dapat memberikan laporan pertanggung jawaban dengan seksama untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan serta mengambil solusinya dan bahaslah konsep rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun 2023 dan sampaikan masukan yang dapat membuat koperasi konsumen Puskopal Belawan semakin berkembang sehingga muaranya untuk kesejahteraan Anggota.

Sementara itu, Kepuskopal Belawan Letkol Laut (S) Sumitro Hadi, S.E., S.T., M.Tr.Opsla., dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam perjalanan selama setahun Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dicapai Puskopal Belawan telah mencapai target sekitar 109.47% dibandingkan tahun buku sebelumnya. Namun menurut beliau SHU bukanlah tolak ukur dari suatu proses keberhasilan kepengurusan dalam pengelolaan suatu usaha Perkoperasian akan tetapi dengan meningkatnya SHU tentunya ada perubahan kearah yang lebih baik pada roda usaha Perkoperasian.

Acara dihadiri oleh Ketua Dekopinwil Sumut Drs. H. Tarmizi Lubis, Pejabat Fungsional Diskop dan UMKM Provinsi Sumut Ibu Juniari Siahaan, S.Kom., M.Si., Pjs.Wadan Lantamal I, Pejabat Utama dan Kasatker Lantamal I serta Ketua dan Pengurus Primkopal di Jajaran Puskopal Belawan.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *