June 21, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 9 Maret 2023 — Dalam rangka publikasi TNI AL, Komando Lintas Laut Militer terus memperkenalkan TNI AL kepada generasi muda melalui program wisata edukasi kapal perang atau warship tour. Hari ini, Kamis (9/3) Komando Lintas Laut Militer kembali diserbu ratusan pelajar untuk berkunjung dan melihat langsung kapal perang jajaran Kolinlamil yang tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kali ini pelajar atau peserta didik yang mendapatkan kesempatan untuk berkunjung berasal dari Yayasan Abdul Halim Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Paud Edelweis Nagrak Cilincing, Jakarta Utara. Dari pihak sekolah menyampaikan bahwa kunjungan ke kapal perang merupakan bagian dari outdoor study yang dikemas dalam program field trip guna menambah pengetahuan serta wawasan kelautan dan keangkatanlautan dengan mengunjungi KRI Teluk Palu-523.

Nampak jelas antusias mereka saat pertama kali turun dari bus dan melihat langsung kapal perang yang bersandar rapi di dermaga. Decak kagum dan rasa gembira terdengar tak henti-hentinya keluar dari bibir para peserta didik dari kedua sekolah tersebut. Keseruan terus berlanjut ketika mereka diajak masuk anjungan kapal dan melihat teknologi yang ada. Kebanggaan mereka bertambah ketika mengetahui bahwa kapal perang yang dinaikinya adalah buatan dalam negeri.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan melalui Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini selain sebagai salah satu bentuk kampanye kelautan yang dilaksanakan oleh Kolinlamil juga sebagai wadah untuk mengenalkan Angkatan Laut kepada generasi muda sehingga dapat memotivasi mereka untuk bergabung dengan TNI AL. “Kalau sejak dini sudah dikenalkan dengan laut dan Angkatan Laut. Diharapkan nantinya mindset mereka lebih mengarah kepada kemaritiman.” pungkasnya.

Wisata edukasi kapal perang yang menjadi program Staf Potensi Maritim Kolinlamil merupakan wujud dari publikasi eksistensi TNI AL dalam membina generasi muda untuk cinta laut mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagian besar wilayahnya berupa laut. Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Harian Kasal, prajurit TNI AL harus memperkokoh soliditas dan sinergitas dengan instansi Pemerintah maupun komponen bangsa guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI AL dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *