May 30, 2024

BRN | TNI AL, Lhokseumawe,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe bersama masyarakat pesisir dan sekitarnya melaksanakan penanaman 1.000 bibit mangrove di Pulau Seumadu Rancung, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/3/2023).

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Lhokseumawe Mayor Laut (KH) Fahrizal, S.H.I., memimpin langsung kegiatan penanaman 1.000 bibit Mangrove di Pantai Pulau Seumadu guna untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh gelombang dan arus laut ketika pasang surut yang dapat mengakibatkan pengikisan tanah di daerah pantai.

Kegiatan ini dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari perintah Panglima TNI Laksamana TNI  Yudho Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., dalam rangka penanaman mangrove serentak oleh TNI diseluruh wilayah Indonesia. Rangkaian kegiatan ini juga merupakan perintah Kepala Staf Angkatan laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., kepada jajarannya melalui Staf Potensi Maritim Angkatan Laut (SPOTMARAL) memerintahkan kepada seluruh Satkowil dan Satnonkowil TNI AL untuk menyiapkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, sehingga kegiatan ini akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khusunya yang tinggal di daerah pesisir, bahwa apa yang telah kita perbuat hari ini akan dapat dinikmati oleh anak cucu kita dan juga generasi selanjutnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Paspotmar Lanal Lhokseumawe juga  menyampaikan bahwa “Total bibit magrove yang kita siapkan lebih kurang 11.000 bibit mangrove, dan yang sudah  tertanam sampai dengan saat ini sebanyak 7.000 bibit mangrove, yang telah dialokasikan di beberapa titik pantai wilayah kerja Lanal Lhokseumawe, dan ini merupakan penanaman tahap ketiga yang kita lakukan. Untuk sisa yang belum ditanam ada 4.000 batang bibit mangrove, yang direncanakan akan selesai dalam beberapa hari kedepan.

Dalam kesempatan ini, Lanal Lhokseumawe juga mengajak lapisan masyarakat dan instansi terkait untuk menanam dan menjaga mangrove sebagai upaya menjaga kelestarian hutan mangrove, bertujuan mencegah terjadinya abrasi yang dapat mengakibatkan bencana di wilayah pemukiman masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pesisir pantai Aceh.

Dalam kegiatan ini, Palaksa Lanal Lhokseumawe sebagai Perwira Tertua (Pater) Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, S.Sos., M.M., secara terpisah menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove ini merupakan salah satu bukti kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap lingkungan di wilayah kerjanya khususnya daerah pesisir. Oleh karena itu, jajaran Lanal Lhokseumawe  senantiasa mengajak lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian untuk melestarikan dan menjaga alam disekitar kita.

(Pen Lanal LSE/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *