May 18, 2024

JAKARTA, Jacindonews – Sejumlah massa dari berbagai elemen umat Islam menggelar aksi menolak kedatangan Tim Nasional Israel pada pagelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Aksi yang digelar di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2023) itu digelar oleh gabungan ormas Islam yang terdiri dari Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U), Front Persaudaraan Islam (FPI) dan organsasi massa Islam dan nasional lainnya.

Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan tiga ormas Islam yaitu PA 212, GNPF Ulama dan FPI, mereka dengan tegas menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia karena merupakan representasi negara penjajah.

“Pertama, bahwa kedatangan Timnas Israel ke Indonesia melanggar amanat Pembukaan UUD 1945 dimana Indonesia menolak segala bentuk penjajahan, sebagaimana Termaktub “Penjajahan di Atas Dunia Harus dihapuskan”, dan Israel disepakati oleh seluruh negara dunia sebagai penjajah,” jelas pernyataan sikap mereka.

Kedua, mereka mengingatkan bahwa sesuai komitmen Indonesia selama ini yang selalu mendukung Kemerdekaan Palestina, maka tidak sepatutnya mengizinkan Timnas Israel berlaga di Indonesia, karena yang demikian itu bisa diartikan sebagai sikap yang tidak konsisten.

“Ketiga, bahwa datangnya Timnas Israel walaupun dalam ajang kejuaraan Sepakbola di Tanah Air Indonesia, tetap melukai hati warga Palestina,” jelas mereka.

“Keempat, mereka mengungkapkan bahwa Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto pernah menolak kedatangan Timnas Israel, sepatutnya Pemimpin Indonesia saat ini meniru dan mengikuti jejak mereka dalam sikap tegas terhadap penolakan Timnas Israel”.

“Kelima, bahwa kami menuntut kepada Pemerintah Indonesia untuk dengan tegas menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia,” ungkapnya.

“Keenam, bahwa kami menyerukan segenap Bangsa Indonesia untuk tunjukkan sikap tegas terhadap pihak mana pun yang dengan sengaja ingin menghadirkan Timnas Israel di Indonesia,” tandas mereka.

Rencananya, Timnas Israel akan tampil di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Kedatangan Timnas Israel ke Indonesia memunculkan sikap penolakan karena Israel sampai saat ini masih terus menjajah Palestina. Sejumlah penolakan muncul terutama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas-ormas Islam di Tanah Air.

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *