June 20, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 25 Maret 2023 — Komando Lintas Laut Militer menerima kedatangan Satuan Latihan (Satlat) Pra Jalasesya tahun 2023 Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat I Angkatan ke-71 dengan menggunakan dua Kapal Perang yaitu KRI Makassar-590 dan KRI Dewaruci serta dua Kapal Angkatan Laut yaitu Kal Kadet 06 dan Kal Kadet 07 di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (25/3). Pra Jalasesya merupakan latihan praktek pelayaran perdana bagi Taruna AAL tingkat I dan merupakan salah satu materi ajaran yang ada dalam kurikulum Pendidikan di Akademi Angkatan Laut. Pelayaran ini juga menjadi salah satu latihan atau metode untuk menentukan korps bagi tiap-tiap Taruna nantinya.

Latihan praktek pelayaran Pra Jalasesya itu sendiri bertujuan untuk mengenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan Peraturan Urusan Dinas Dalam khas TNI AL khususnya di KRI pada saat berlayar serta menumbuhkan jiwa bahari dan semangat kejuangan prajurit Jalasena. Diharapkan dari latihan praktek pelayaran tersebut para Taruna mampu menghayati bahwa laut sebagai medan juang dan medan tugas mereka nantinya merupakan media pemersatu bangsa, dan TNI Angkatan Laut mempunyai tugas untuk menjaga dan mengamankannya.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan beserta sejumlah pejabat utama Kolinlamil berkesempatan untuk menyambut dan berinteraksi dengan para Taruna AAL. Dalam welcome speech-nya Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa para Taruna AAL adalah sebagian dari pemuda pemudi terpilih yang memiliki masa depan yang terbuka lebar dengan menjadi bagian dari TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu Panglima Kolinlamil berpesan kepada Taruna agar memanfaatkan waktu yang singkat selama menempuh pendidikan di AAL dengan terus belajar, berlatih dan mengisi diri sehingga mampu memiliki kompetensi yang tinggi dan kelak dapat menjadi Perwira-perwira terbaik yang akan terpilih untuk mengawaki alutsista TNI AL yang terbaik.

“Darimanapun asal kalian, status sosial apapun latar belakang kalian, yang pasti saat ini terbuka lebar kesempatan kalian untuk menjadi ‘bangsawan Angkatan Laut modern kedepan’. Jika di sejumlah negara lain untuk menjadi Perwira Angkatan Laut harus memiliki latar belakang keluarga bangsawan, namun saat ini kalian ditempa, dididik dan dilatih menuju kesana. Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang singkat selama pendidikan untuk membentuk dan memiliki sifat serta karakter Perwira yang profesional dan tangguh.” tegas Panglima Kolinlamil.

Satlat Pra Jalasesya tahun 2023 akan berada di Jakarta sampai dengan hari Selasa (28/3). Selama berada di Jakarta para Taruna AAL Angkatan ke-71 akan berkunjung ke satuan-satuan TNI Angkatan Laut diantaranya adalah Komando Armada RI, Komando Lintas Laut Militer, Pangkalan Angkatan Laut III Jakarta dan Pasmar 1 serta melaksanakan Courtesy Call kepada Panglima Koarmada RI, Panglima Kolinlamil, Komandan Lantamal III Jakarta dan Komandan Pasmar 1. Untuk refreshing Taruna AAL juga diagendakan untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta dan melaksanakan olah raga bersama dengan prajurit Kolinlamil dan Lantamal III Jakarta. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *