May 30, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 31 Maret 2023 — Belum lama ini Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan telah mengumumkan penetapan cuti bersama dalam rangka hari Raya Idul Fitri tahun 1444 Hijriah pada tanggal 19-25 April 2023. Saat penyampaian cuti bersama tahun 2023, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa puncak arus mudik waktunya diperkirakan bersamaan dengan perayaan Idul Fitri 2023 yakni 21 April 2023. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan diperkirakan, sekitar 123 juta masyarakat akan melakukan mudik pada tahun ini, dan ini mengalami kenaikan drastis dari tahun lalu.

Momentum mudik lebaran bagi masyarakat tahun ini diperkirakan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan yang sangat signifikan di seluruh wilayah tanah air usai dicabutnya kebijakan PPKM oleh Pemerintah. Mensikapi dan mengantisipasi terjadinya peningkatan pemudik khususnya dari Jakarta ke berbagai kota di tanah air, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menggelar rapat persiapan penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2023 di The 101 Jakarta Airport CBC, Benda, Tangerang, Kamis (30/3). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun dalam hal ini mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Subagiyo selaku pimpinan rapat mengutarakan bahwa rapat ini diselenggarakan sebagai sarana komunikasi dan konsolidasi dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran oleh warga ibu kota. Diprediksi puncak arus mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 11-15 April 2023 dan puncak arus balik terjadi pada tanggal 26-29 April 2023. Subagiyo juga menyampaikan akan pentingnya pembenahan sarana prasarana di terminal penumpang guna memberikan kenyamanan bagi pemudik.

Dalam kesempatan tersebut Asops Pangkolinlamil menyampaikan arahan Panglima Kolinlamil bahwa pada dasarnya Kolinlamil siap mendukung program angkutan lebaran tahun 2023 terutama dalam pelibatan prajurit Kolinlamil untuk pengawasan dan pengamanan serta dukungan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kolinlamil di posko kesehatan Pelabuhan. Terkait dengan pelibatan alutsista TNI AL berupa KRI menunggu arahan dan keputusan dari Komando Atas.

Keterlibatan Kolinlamil dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun ini adalah bagian dari upaya membangun sinergitas TNI AL dengan seluruh komponen bangsa sekaligus komitmen bersama dari seluruh jajaran TNI AL dalam mendukung setiap usaha dalam rangka mengatasi permasalahan dan kesulitan rakyat. Hal tersebut bagian dari arahan dan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yang tercantum dalam Perintah Harian Kasal. (Dispen Kolinlamil/LI)

 

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *