May 20, 2024

BRN | JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomentar soal anggapan naiknya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden Pemilu 2024 usai menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Anggapan ini sebelumnya diungkapkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Zulhas memandang elektabilitas Prabowo naik lantaran kerap mendampingi Jokowi dalam berbagai kunjungan kerjanya sebagai Presiden.

Tapi, menurut Jokowi, naiknya elektabilitas Prabowo bukan karena dirinya. Hal ini diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Silaturahmi Ramadan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, yang juga dihadiri oleh Prabowo.

“Ini tadi disinggung mengenai Pak Prabowo yang naik elektabilitasnya. Saya pikir-pikir, naiknya elektabilitas beliau itu bukan karena saya. Ndak, ya, karena beliau sendiri dan Gerindra,” kata Jokowi, Minggu, (02/04/2023)

Lagipula, menurut Jokowi, dirinya kerap mengajak Prabowo ke daerah-daerah karena diminta oleh Prabowo sendiri. Sementara, lanjut Jokowi, Zulkifli tak pernah meminta diajak untuk mendampinginya pada kunjungan kerja Presiden.

Maka, sambil berseloroh, Jokowi menangkap bahwa ini adalah sinyal Zulkifli sebagai Menteri Perdagangan yang juga ingin diajak dalam kegiatan kerja Presiden.

“Saya hanya berpikir, ini jangan-jangan ini Pak Zul minta diajak, begitu. Ya sudah, minggu besok, nanti tiga kali dengan saya. Bukan minggu besok, bulan besok,” ungkap Jokowi disambut tawa Zulkifli, Prabowo, dan hadirin lainnya.

“Kalau Pak Zul diajak, ya yang lain mestinya diajak juga. Meskipun sebenarnya efeknya enggak ada, karena beliau-beliau sendiri lah kenapa elektabilitasnya naik,” lanjut Jokowi.

Sebagai informasi, Jokowi menghadiri agenda silaturahmi Ramadan di Kantor DPP PAN siang ini. Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dan peci hitam.

Sejumlah elite partai politik yang hadir di antaranya Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan menyinggung naiknya elektabilitas Prabowo. Menurut Zulkifli, elektabilitas Prabowo naik berkat Jokowi yang kerap mengajaknya dalam kunjungan kerja.

“Kalau Pak Prabowo sama Pak Jokowi panen padi, survei naik, Pak. Iya, betul, Pak. Jadi, kalau ikut yang auranya lagi naik, kita terbawa, Pak,” ungkap Zulkifli.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *