May 30, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 6 April 2023 — TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar kegiatan dalam rangka meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan yakni Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi tahun 1444 Hijriah yang dibalut dengan kegiatan pesantren kilat Ramadhan di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang saat ini sedang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (6/4).

Kegiatan ini diberangkatkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam upacara pelepasan yang dilaksanakan di Mako Kolinlamil. Pesantren kilat Ramadhan diatas KRI ini berlayar menuju Kepulauan Seribu Jakarta mulai tanggal 6 sampai dengan 9 April 2023. Turut hadir dalam acara tersebut, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan dan sejumlah pejabat utama Mabesal dan Pangkotama wilayah Jakarta.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pesantren kilat tersebut merupakan sebuah terobosan dari TNI AL dan Baznas RI dalam mengisi kegiatan positif di bulan Ramadhan, juga sebagai program yang penting untuk meningkatkan pengetahuan, keimanan dan memberikan pengalaman dalam pemberdayaan zakat melalui kegiatan bakti sosial serta menanamkan jiwa maritim sejak dini kepada anak-anak muzakki para peserta pesantren kilat.

“Upacara pelepasan yang kita laksanakan ini merupakan simbolisasi dimulainya rangkaian kegitan pesantren kilat Ramadhan 1444 Hijriah di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. Nantinya para peserta akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, sholat Tarawih, mengkaji ilmu-ilmu agama serta mendapatkan pembekalan-pembekalan inspiratif dari para narasumber”, ujar Kasal.

Selama tiga hari para peserta yang merupakan pelajar SMA dari wilayah Jakarta akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, sholat tarawih, mengkaji ilmu-ilmu agama serta mendapatkan pembekalan yang inspiratif dari para narasumber. Selain itu, para peserta nantinya juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi di kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur, di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *