June 21, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 4 April 2023 — Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer KRI Banda Aceh-593 menerima kunjungan dari Pramuka Saka Bahari Lanal Balikpapan yang itu tengah sandar di dermaga Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (2/4). Keberadaan KRI Banda Aceh-593 di Balikpapan ini dalam rangka mendukung pergeseran pasukan dan material Satgas Pamtas RI-PNG kewilayahan Provinsi Papua dan Papua Barat tahun 2023. Kedatangan rombongan Pramuka Saka Bahari tersebut disambut dengan penuh keramahan oleh prajurit KRI BAC-593 dan kemudian memandu berkeliling kapal perang serta diperkenalkan tentang alutsista dan teknologi kapal perang yang dimiliki oleh KRI BAC-593.

Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Sulthon Firdaus menyampaikan bahwa selama kapal berada di luar pangkalan dan melaksanakan bekal ulang logistik cair maupun bahan makan dimanfaatkan waktu yang ada dengan melaksanakan open ship guna memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk melihat secara langsung kapal perang TNI AL. “Tentunya sesuai dengan arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan bahwa keberadaan kita dimanapun harus memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar, kunjungan dari Pramuka Saka Bahari ini pastinya dapat memberikan gambaran mereka tentang TNI AL dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap kebaharian.” ujarnya.

Kegiatan open ship kapal perang jajaran Kolinlamil merupakan wujud publikasi TNI AL kepada masyarakat luas dan merupakan bentuk tanggung jawab prajurit Kolinlamil untuk membangun sinergitas dengan berbagai komponen bangsa sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. Perkokoh soliditas antar matra TNI dengan mengacu pada kerangka penguatan konsep operasi gabungan serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *