May 30, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 14 April 2023 — Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam, moment dimana diturunkannya Al Qur’an sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam rangka menghayati dan memaknai peristiwa turunnya kitab suci umat Islam tersebut, Komando Lintas Laut Militer mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an 1444 Hijriah/ 2023 M yang dilaksanakan di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (13/4). Adapun tema pada Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M yakni “Memaknai Ibadah Puasa Ramadhan untuk Meningkatkan Disiplin Diri dan Etos Kerja Prajurit TNI”. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto, Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Peni Yayan Sofiyan, pejabat Kolinlamil, Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil serta prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kolimlamil.

Panglima Kolinlamil dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Kolinlamil menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an adalah peristiwa besar turunnya Al Qur’an yang dimana masih banyak hal yang perlu dipahami akan hikmah dari peristiwa tersebut agar dapat bermanfaat bagi kehidupan seluruh prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil dalam kedinasan maupun lingkungan keluarga. “Melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini marilah kita berusaha menjadi orang yang gemar membaca Al Qur’an dan menjaga lidah kita dari perkataan-perkataan kasar agar kelak kita masuk ke dalam golongan ahli surga.” ujar Kepala Staf Kolinlamil.

Hadir untuk memberikan tausiyahnya, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo KH. Zaenal Muttaqin LC yang menyampaikan salah satu hikmah dari Nuzulul Quran yaitu hadirnya Al Qur’an adalah kitab yang penuh dengan kebaikan-kebaikan, memberikan yang terbaik untuk hamba Allah sebagai pedoman hidup. Al Qur’an bukan hanya sebagai pedoman hidup melainkan Al Qur’an hadir sebagai penyembuh dalam kehidupan manusia.

Bagi prajurit Kolinlamil, peringatan Nuzulul Qur’an dimaknai sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit penjelajah samudera. Hal tersebut sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. (Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *