May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 19 April 2023 — KRI Banjarmasin-592 yang mengemban misi dukungan angkutan laut mudik lebaran tahun 2023 tiba di dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Rabu (19/4). Kedatangan kapal perang tersebut disambut oleh Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang dan sejumlah pejabat Lanal Semarang.

Setelah KRI Banjarmasin-592 merapat di dermaga Nusantara, para pemudik yang sudah tidak sabar untuk segera bertemu dengan sanak keluarganya bergegas mengemasi barang bawaannya dan yang membawa sepeda motor segera menuju tank deck untuk menyiapkan sepeda motornya. Turun dari kapal perang, prajurit KRI Banjarmasin-592 dengan teliti memeriksa kembali bukti kepemilikan sepeda motor dengan meminta pengendara menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan, hal tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tercatat sebanyak 324 pemudik dan 121 sepeda motor turun di Semarang dan 13 pemudik dengan 4 sepeda motor naik dari Semarang untuk menuju Surabaya.

Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo yang turut serta menyaksikan proses debarkasi pemudik menyampaikan bahwa selama lintas laut pemudik menikmati suasana berlayar dengan kapal perang. Sesuai arahan dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan, ia dan seluruh prajurit KRI Banjarmasin-592 telah berupaya maksimal untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pemudik baik dari sisi akomodasi maupun dukungan logistik berupa penyiapan dukungan makan selama dalam pelayaran. Diharapkan pemudik yang menggunakan kapal perang mempunyai kesan positif yang mendalam.

Kebijakan Pemerintah untuk mengurangi kepadatan jalan raya dan mengurangi resiko kecelakaan yang dapat menyebabkan korban jiwa ditindaklanjuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dengan menyiapkan KRI jajaran Kolinlamil untuk mengangkut pemudik lebaran secara gratis. Langkah yang diambil oleh Kasal sekaligus sebagai bukti bahwa unsur-unsur KRI selalu siap untuk melaksanakan penugasan. Hal tersebut membuktikan penekanan Kasal dalam Perintah Hariannya yaitu tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis dilaksanakan dengan baik oleh Kotama TNI AL.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *