June 21, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 25 April 2023 — Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer yaitu KRI Banjarmasin-592 secara perlahan mulai lepas dari dermaga Madura Komanda Armada II, Surabaya dan selanjutnya melaksanakan pelayaran dengan misi dukungan angkutan lebaran, mudik asyik naik kapal perang, Selasa (25/4). Dukungan kapal perang untuk pemudik dengan pengguna sepeda motor merupakan tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah untuk mengurangi kepadatan jalan raya dan mengurangi resiko terjadinya korban jiwa akibat kecelakaan.

Sebelum KRI BJM-592 bertolak dari dermaga Madura, Komandan Lantamal V Laksma TNI Supardi menyempatkan diri untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana yang ada guna menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik selama pelayaran singkatnya ke Semarang dan Jakarta. Selanjutnya Danlantamal V melepas langsung keberangkatan peserta Mudik Asyik Gratis Naik Kapal Perang dengan jumlah pemudik dari Surabaya sebanyak 180 personel, 13 balita dan 41 unit sepeda motor.

KRI Banjarmasin-592 akan berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang untuk menjemput para peserta mudik gratis bersama TNI AL selanjutnya akan bertolak kembali menuju Jakarta. Diperkirakan KRI BJM-592 akan tiba di Jakarta pada hari Kamis, 27 April 2023.

Mudik asyik gratis dengan menggunakan kapal perang ini terselenggara berkat kerjasama TNI AL dengan Kementerian Perhubungan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan PT. Pelindo. Usai lebaran tepatnya tanggal 25 April 2023 dari Surabaya KRI Banjarmasin-592 mendukung warga masyarakat untuk balik ke Semarang maupun Jakarta.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan menginstruksikan kepada Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo agar selama arus balik para prajurit KRI tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama di atas kapal serta utamakan keselamatan dan keamanan selama lintas laut, dan juga dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada semua penumpang agar memiliki kesan dan pengalaman yang baik mudik naik kapal perang.

Penyelenggaraan program balik gratis dengan kapal bagi pengguna sepeda motor ini merupakan bentuk kepedulian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali kepada warga masyarakat yang membutuhkan moda transportasi yang aman dan nyaman. Diharapkan melalui program ini masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik ataupun balik dengan lebih tenang, aman dan nyaman serta dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya guna meminimalisir tingkat kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *