May 30, 2024

BRN | TNI AL, Bengkulu,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut (Dandenpomal) Lanal Bengkulu dan Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL) Ratu Samban di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu, Jalan R.E. Martadinata No. 10 Kota Bengkulu, Kamis (27/04/2023).

Rangkaian kegiatan Sertijab ini diawali dengan penyumpahan pejabat baru, penandatanganan Berita Acara Sertijab dan Pakta Integritas, penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan, serta ditutup laporan resmi serah terima jabatan. Pada kesempatan ini, jabatan Dandenpomal Lanal Bengkulu diserahkan dari Kapten Laut (PM) Catur Subiyakto kepada Kapten Laut (PM) Iyep Gusnul Yaqin, sedangkan jabatan Komandan KAL Ratu Samban diserahkan dari Lettu Laut (P) Dwi Krisdiyanto kepada Letda Laut (P) Ikhsan Yasco.

Danlanal Bengkulu dalam amanatnya menyampaikan, bahwa rotasi jabatan Dandenpomal serta Komandan KAL pada hakekatnya merupakan suatu proses dan bagian dari dinamika organisasi. Oleh karena itu, jabatan yang diemban tersebut merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut sehingga diharapkan bisa membawa semangat baru, inovasi dan kreativitas yang baik dalam lingkungan organisasi.

Danlanal Bengkulu berharap pejabat Dandenpomal serta Komandan KAL yang baru nantinya harus dapat melaksanakan tugas dengan baik, profesional dan saling bersinergi agar organisasi dapat berjalan dengan baik.
Danlanal juga mengatakan serah terima jabatan (Sertijab) di lingkungan TNI AL merupakan hal yang rutin dilaksanakan sebagai proses regenerasi di lingkungan TNI AL dan bagian dari Tour of Duty serta Tour of Area.

“Rotasi jabatan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas personel agar semakin profesional, untuk mewujudkan produktivitas kerja sebagai tim yang handal dengan berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan solidaritas dengan satuan kerja dimanapun bertugas,” ujarnya.

Selain itu, Danlanal juga berpesan agar pejabat yang baru segera menyesuiakan dengan lingkungan wilayah kerja dan masyarakat di Bengkulu, dimana hal ini sesuai dengan perintah harian KASAL Laksamana TNI Muhamad Ali yang menyampaikan bahwa TNI AL harus mampu menjaga kepercayaan negara dan masyarakat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara,” tutup Danlanal Bengkulu.

(Pen Lanal Bengkulu/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *