May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 3 Mei 2023 -Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan bersama Irben Inspektorat Kolinlamil Kolonel Laut (S) Gendut Hariyono menghadiri acara Taklimat Awal Audit Kinerja Inspektorat Jenderal TNI Periode II TA 2023 di lingkungan Unit Organisasi (UO) TNI AD, TNI AL, TNI AU dan di Ko/Sat TNI Wilayah DKI-A serta DKI-B yang berlangsung di Aula Mako Koops AU I Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/5). Taklimat Awal Audit Kinerja Itjen TNI TA 2023 dipimpin oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Mar Bambang Suswantono.

Dalam sambutannya, Irjen TNI menyampaikan bahwa kegiatan audit kinerja merupakan bagian dari rangkaian fungsi pengendalian sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung suksesnya program pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI serta merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya penurunan kinerja di segala bidang. Audit kinerja juga bertujuan untuk memberikan keyakinan tugas pokok entitas dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis.

Irjen TNI berharap dalam pelaksanaan audit kinerja dapat terjalin kerja sama, kemitraan, keterbukaan dan adanya komunikasi dialogis yang efektif, sehingga dapat diperoleh informasi dan masukan yang obyektif serta rekomendasi yang tepat, guna peningkatan kinerja Satuan Kerja. Dalam kesempatan tersebut, Irjen TNI juga menyampaikan penekanan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono diantaranya adalah hasil Evaluasi Itjen TNI agar segera ditindaklanjuti oleh Komandan atau Kepala Satuan Kerja guna menghindari temuan yang berulang, materi pengawasan internal perlu dimasukkan dalam materi pendidikan pengembangan umum (Dikbangum) dan para Komandan Satuan untuk menjalin kemitraan dengan Inspektorat sebagai fungsi konsultansi.

Dalam bidang pengawasan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali telah memberikan penekanannya untuk tertib administrasi dan akuntabel dengan tujuan untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal tersebut menjadi bagian dari strategi ketiga Kasal dalam mewujudkan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi yang tinggi yaitu pembangunan kekuatan yang terarah dan tepat sasaran.

*(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *