May 30, 2024

BRN | TNI AL, Bandung, 11 Mei 2023,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., beserta Korps Wanita TNI Tahun 2023 menggelar Syukuran dalam rangka Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2023, bertempat di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok No. 10, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (02/05/2023).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah Syukuran dalam rangka Apel Bersama dan Silaturahmi Wanita TNI Tahun 2023 dan silaturahmi yang dihadiri oleh Korps Wanita TNI AD, AL dan AU Wilayah Bandung serta perwakilan Pater Polwan Polda Jabar dengan tema “Wanita TNI Sebagai Patriot NKRI Siap Mendukung Pembangunan Nasional”.

Dalam sambutannya, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Syaiful membacakan amanat Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2023 merupakan salah satu sarana refleksi dan renungan bagi peningkatan kapasitas dan kapabilitas individu sebagai prajurit serta kinerja satuan organisasi, dipastikan memiliki obsesi untuk menjadi sebuah organisasi yang profesional, solid, kuat dan militan guna menjawab setiap tantangan yang berkembang dari masa ke masa.

Jajaran TNI dan Polri khususnya tidak ada kata lain dikenal segenap prajurit bahwa TNI Polri harus solid dalam mewujudkan visi dan misi TNI. Pengabdian kepada bangsa dan negara harus tetap terpatri dengan kuat di jiwa para prajurit TNI apapun stratanya termasuk Prajurit Wanita TNI dan Polwan. Diera globalisasi dewasa ini, peran dan tugas kehidupan tidak dibagi berdasarkan standar gender atau jenis kelamin melainkan lebih karena kualitas kapasitas dan kompetensi saat ini, sudah banyak kaum wanita yang berperan dan berkarya nyata bagi kelangsungan dan keberhasilan pembangunan nasional, tidak sedikit pula kaum wanita yang berprofesi gemilang dalam berbagai aspek kehidupan.

Profesionalisme dalam pengertian prajurit Wanita TNI dan Polwan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus diwujudkan hal ini sangat berarti mengingat prajurit Wanita TNI bukan hanya sekedar sebagai prajurit tetapi juga sebagai wanita dengan kodratnya untuk menjadi pendamping suami mengurus rumah tangga dan ibu dari anak-anak, kodrat inilah yang kemudian menjadi kekuatan dan sekaligus kelebihan wanita TNI dan polwan dalam mengarungi dunia. Tidak hanya dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugas pengabdian tetapi juga harus mandiri menjalankan tugasnya sebagai istri ibu rumah tangga dan ibu dari anak-anaknya perlu saya ingatkan bahwa keberhasilan sesungguhnya dari seorang wanita pada akhirnya akan diukur sejauh mana menjaga marwah dan sebagai wanita dalam membangun keluarga yang harmonis, menjaga kehormatan suami, membina rumah tangga dan membesarkan anak-anaknya dalam pengasuhannya untuk menjadi manusia yang dewasa yang berakhlak, berkarakter, berprestasi, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga bangsa dan negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Syaiful, Irdam III/Slw, Komandan Pusdik Kowad Kodiklatad, Kasubdisbinfungsi Dispsiad, Kasubdisbindoklistaka Disjarahad, Kasubditbinminpets PNS Ditajenad, Perwakilan Pengurus Dharma Pertiwi Daerah C, Pater Wara, dan Pater Polwan Wilayah Bandung.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *