June 21, 2024

BRN | JAKARTA  – Seniman Intelektual Betawi (SIB) berikan piagam penghargaan kepada ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) H.Marullah Matali diusai penutupan pra kongres yang diselenggarakan di Ecovention Hall Ancol, Sabtu (13/05/2023).

Dalam rangkan menyatukan, menggali seluruh potensi yang ada ditanah betawi sekaligus meningkatkan pengembangan ormas betawi dan masyarakat betawi, para kaum intelektual betawi telah mengambil inisiasi untuk melahirkan sebuah lembaga adat yang diberi nama Majelis Kaum Betawi yang akan disahkan dan dikukuhkan pada kongres kaum betawi yang telah dijadwalkan akan diselenggarakan pada 9 Juni 2023 dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2023.

Acara yang dihadiri oleh salah satu pendiri Badan Musyawarah Betawi Mayor Jenderal TNI (Purn) H. Edy Marzuki Nalapraya yang saat ini selaku ketua Majelis Adat H. Nuri Taher, ketua umum Bamus Betawi Riano. P. Ahmad, ketua umum Bamus Betawi 1982, ketua umum FBR (Forum Betawi Rempug) KH. Lutfi Hakim, Panglima Laskar Bamus Betawi HK. Damin Sada, Rais Laskar Bamus Betawi 1982 David Darmawan serta para ketua umum, para pimpinan serta utusan dari ratusan ormas baik yang tergabung didalam Bamus Betawi maupun Bamus Suku Betawi 1982 berjalan dengan tertib dan lancar serta penuh hikmat. Bahkan lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

Seniman Intelektual Betawi (SIB) mengambil momentum penutupan sidang paripurna pra kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi tersebut dengan menyerahkan piagam penghargaan kepada ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi H. Marullah Matali.

Jalih Pitoeng yang mendampingi ketua umum Seniman Intelektual Betawi (SIB) Tahyudin Aditya untuk menyerahkan piagam tersebut mengatakan bahwa perlunya memberikan piagam penghargaan kepada inisiator dan konseptor pembetukan MAPKB.

“Saudara-saudaraku para pimpinan ormas dan seluruh peserta pra kongres, ini adalah momentum yang sangat monumental dan bersejarah” ungkap Jalih Pitoeng, Sabtu (13/05/2023).

“Majelis Kaum Betawi ini adalah rumah besarnya orang Betawi. Maka kami dari Seniman Intelektual Betawi ingin memberikan piagam penghargaan kepada Abangda H. Marullah Matali yang telah menjadi inisiator terbentuknya Majelis Kaum Betawi” lanjut Jalih Pitoeng.

“Kita jadikan Majelis Kaum Betawi ini sebagai legacy atau warisan terbaik bagi anak cicit kita ratusan tahun kedepan” pungkas Jalih Pitoeng seraya menyerahkan piagam beserta T. Shirt berlogo SIB (Seniman Intelektual Betawi).     *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *