May 20, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Mei 2023 — Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan beserta sejumlah Pejabat Utama Mabesal menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (15/5). Kedatangan Wakil Presiden RI tersebut dalam rangka persiapan menuju Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu dengan menggunakan KAL Yudhistira yang bertolak dari dermaga Mako Kolinlamil guna meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut.

Wakil Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Kampung Bahari Nusantara merupakan bentuk nyata hadirnya TNI AL dengan rakyat, untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari tingkat desa hingga menuju ke penyangga pertahanan negara. Program yang diusung TNI AL tersebut dinilai sesuai dengan paradigma baru perdesaan yang berkembang secara global. “Pembangunan perdesaan menjadi keniscayaan untuk mencapai target-target pembangunan berkelanjutan. Paradigma pembangunan di desa diubah dari subsidi menjadi investasi masa depan.” ungkap Wapres RI.

Secara keseluruhan terdapat 68 Kampung Bahari Nusantara yang diresmikan secara serempak di seluruh Indonesia, diharapkan dengan peresmian tersebut daerah-daerah yang menyandang label Kampung Bahari Nusantara bisa menjadi ajang promosi bagi wisatawan. Terdapat lima klaster dalam program Kampung Bahari Nusantara yang terdiri dari klaster pertahanan, klaster ekonomi, klaster pendidikan atau edukasi, klaster kesehatan dan klaster pariwisata.

Sinergitas TNI AL dengan warga masyarakat dalam mewujudkan Kampung Bahari Nusantara diharapkan mampu membawa dampak positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan.

*(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *