June 20, 2024

BRN | TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang bersama Forkopimda dan Masyarakat Pesisir mengikuti Vicon Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang pelaksanaannya terpusat di Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara, Senin (15/5/2023).

Untuk wilayah Sabang, kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan di Pantai Cot Neuheut, Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, dengan luas lahan 10.500 meter persegi dan jumlah bibit sebanyak 10.200 pohon dengan melibatkan seluruh komponen bangsa meliputi TNI, Polri, Pemda SKPD, dan masyarakat pesisir.

Komandan Lanal Sabang menyampaikan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan ekosistem baru yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan hidup, pencegahan abrasi pantai dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat serta sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah terhadap Program Rehabilitasi Hutan Mangrove di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta vicon atas partisipasinya dalam kegiatan penanaman mangrove nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan berpesan jangan hanya bisa menanam akan tetapi juga harus bisa merawat dan menjaga pertumbuhannya agar kelestarian mangrove tetap terjaga.

Kegiatan Penanaman Mangrove di Wilayah Sabang dihadiri sebanyak 346 peserta terdiri dari Unsur Forkopimda Kota Sabang, Prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU di Kota Sabang, Personel Kepolisian di Kota Sabang, Komunitas Hijau Teurawah, Pramuka Saka Bahari, Forum Komunikasi Putra Putri Purnwirawan Indonesia (FKPPI) Kota Sabang, dan Masyarakat Pesisir.

(Pen Lanal Sabang/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *